Sabtu, 25 April 2020

Tepian Tanahair, 92 Pulau Terdepan Indonesia: Indonesia Bagian Tengah


Judul
:
Tepian Tanahair, 92 Pulau Terdepan Indonesia: Indonesia Bagian Tengah
Penyusun
:
Aat Soeratin dkk
Penerbit
:
PT. Kompas Media Nusantara
Tahun Cetak
:
2011
Halaman
:
416
ISBN
:
978-979-709-571-0
Harga
:
Rp. 165.000
Status

Ada


Mengenal Tanah air! Sudah selayaknya pemilik rumah mengenal tempat tinggalnya sampai batas pagar dengan tetangga sebelah.

Dengan 17.504 pulau, 1.608 suku bangsa yang berkomunikasi dengan 665 bahasa daerah di seluruh Nusantara, Indonesia adalah Negara kepulauan yang besar. Dikaruniai iklim yang bersahabat, tanah yang subur, kaya dengan spesies langkah flora dan fauna, mencakup mamalia, kupu-kupu, reptile, burung, unggas, hingga amfibi yang jumlahnya sekira 3.025 spesies. Juga sekitar 47.000 spesies tumbuhan.

Pustaka ini menyajikan foto-foto mempesona dengan narasi yang memikat perihal keindahan alam dan kehidupan anak bangsa pada pulau-pulau terdepan di Indonesia Bagian Tengah. Sepanjang Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur sampai Nusa Tenggara Barat. Wilayah yang dikenal dunia sebagai daerah Wallacea, tempat yang kaya dengan spesies endemik yang unik.

Semua terekam dalam kegiatan Ekspedisi Garis Depan Nusantara Wanadri – Rumah Nusantara. Suatu harta tak ternilai, dokumentasi kekayaan alam dan budaya Nusantara, untuk meningkatkan pemahaman wawasan kewilayahaan serta memacu perkembangan di pulau-pualu terdepan.

Pulau terdepan di Nusa Tenggara Timur termuat dalama Bab Nusa Selatan Nusa Antara yaitu Pulau Alor, Pulau Batek (Fatu Sinai), Pulau Dana Rote (Ndana), Pulau Dana Sawu dan Pulau Mangudu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...