Selasa, 14 April 2020

Media Keserempet Timor

Judul
:
Media Keserempet Timor: Analisa Sikap Media terhadap Proyek Mobil Nasional
Penulis
:
Prasetyohadi
Penerbit
:
Institut Studi Arus Informasi
Tahun Cetak
:
1998
Halaman
:
66
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 50.000
Status

Ada


Mengapa kasus industry mobil Timor penting dan layak disimak?

Jawabnya jelas! Karena, mobil yang dijuluki sebagai “mobil nasional” ini merupakan contoh nepotisme yang paling mencolok di Indonesia. Sikap nekad sudah menyeruak, sampai produksi mobil itu diatasnamakan PT. Timor Putra Nasional, perusahaan milik Hutomo Mandala Putra, anak kesayangan Soeharto yang berkuasa di negeri ini selama lebih dari tiga dasa warsa. Nepotisme semakin tak terbendung ketika Pemerintah sudah sampai melanggar peaturan yang dicanangkannya sendiri. Padahal sebenarnya mendirikan perusahaan industry mobil punya logika ekonomi yang tak dapat dicampuradukkan dengan urusan keluarga. Skala prioritas produksi mobil dan perkara perpajakan sudah dijungkirbalikkan.

Bagaimana pun, akal sehat adalah ukuran untuk menarik kembali makna dalil kebebasan pers ketika para wartawan memberitakan petualangan bisnis industry otomotif itu. Baru sedikit saja terjadi perubahan politik, perusahaan yang keburu nafsu dipaksakan keberadaannya itu sudah tergerus. Tapi, rasa terluka karena penghinaan akal sehat dalam kehidupan bersama masih belum lagi sirna. Karenanya akal budi masih dapat belajar lagi.

Timor adalah kependekan dari Teknologi Industri Mobil Rakyat. Mobil ini mulai dipasarkan di Indonesia pada pertengahan tahun 1990. Namanya juga merujuk pada nama pulau di Nusa Tenggara Timur yaitu Pulau Timor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...