Sabtu, 25 Februari 2017

Hikayat Kerajaan Sikka

Judul
:
Hikayat Kerajaan Sikka, Edisi Gabungan dari Dua Tulisan Tangan tentang Sumber dan Sejarah Kerajaan Sikka oleh Dominicus Dionitius Pareira Kondi dan Alexius Boer Pareira
Editor 
:
E. D. Lewis dan Oscar Pareira Mandalangi
Penerbit
:
Ledalero
Tahun Cetak
:
2008
Halaman
:
332
ISBN
:
978-979-9447-93-7
Harga
:
Rp. 160.000
Status
:
Kosong

Pemberian arti dan nilai terhadap buku ini tentunya bermula dari pertanyaan para pembaca, mengapa dan apa yang menyebabkan kedua orang tua ini mulai berkelana mengumpulkan materi dan sumber sejarah, sosial budaya yang begitu padat isinya, di antara para nara sumber tua-tua adat yang hanya bertradisi lisan, tidak sempat mengenyam pendidikan apapun sebagaimana kita di masa kini?

Kemudian setelah bertahun-tahun keduanya mengumpulkan dan menuliskan dengan banyak susah-payah dengan tidak mengharapkan bagaimana dan kepada siapa kumpulan karya mereka ini dapat diteruskan, kita lalu masih mau mengatakan bahwa sesungguhnya karya mereka ini hanya untuk diteruskan dan ditinggalkan buat anak cucu.

Bahwasahnya, warisan peninggalan harta sejarah dan budaya leluhur yang tidak sempat merekam seluruh pola pikir dan pola tindak laku mereka pada masa lampau itu, dipertanyakan apakah masih bisa diterima dan bertahan untuk dihayati dan dimiliki anak cucu pada masa mendatang. Sebuah harapan untuk dijawab dan ditunggu mereka dari alam baka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...