Jumat, 03 Februari 2017

Pemburu Yang Cekatan – Anjangsana Bersama Karya-Karya E. Douglas Lewis

Judul
:
Pemburu Yang Cekatan – Anjangsana Bersama Karya-Karya E. Douglas Lewis
Editor
:
Julian C.H. Lee dan John M. Prior
Penerbit
:
Ledalero
Tahun Cetak
:
2015
Halaman
:
512
ISBN
:
978-602-1161-03-6
Harga
:
Rp. 90.000
Status
:
Kosong

PEMBURU YANG CEKATAN, yang disatukan sebagai sebuah bunga rampai oleh para murid, rekan dan koleganya, merupakan sebuah pengakuan atas prestasi E. Douglas Lewis yang meliputi kombinasi antara analisis etnografis, linguistic dan sejarah. Buku ini adalah juga maklumat atas pengaruh intelektual dan kerja sama kolegialnya yang sangat erat yang telah ia lestarikan melalui beragam penelitian dan pengajarannya. Para penyumbang naskah buku ini telah berusaha melibatkan diri dengan karya-karya Lewis menyangkut etnografi kawasan timur Indonesia, ritus dan agama, bahasa dan retorika, konsep budaya, pembangunan serta kaitan antara budaya dan ilmu-ilmu otak.
Para pembaca budiman akan menemukan bahwa jalan yang pernah ditempuh Lewis diterangi oleh refleksinya tentang pengembaraannya sendiri melalui antropologi dan beberapa isu penting dalam studi tentang spesies kita. Apa yang menandai dan mencirikan berbagai karangan dalam buku ini adalah serba keragamannya; namun semuanya berbagi dan melarik benang merah yang sama: semuanya melacak ide-ide yang memuasal dari sumber yang tunggal – pelbagai penelitian dan pengajaran E. Douglas Lewis.

Dalam buku ini terdapat diantaranya tulisan tentang: Ambivalensi para leluhur: Menafsir ritus Tu Dhe’u di Palu’e berdasarkan teori kambing hitam Rene Girard. Melongok masyarakat Austronesia bahari dalam terang tatanan sosial Ko’a. Asal usul masyarakat rumah Ngadha: Bukti miniature. Identitas dan presedensi dalam transformasi masyarakat Sikka: Kasus Ata Krowe. Mitos asal usul, padi di Flores, Indonesia Timur. Aspirasi, peluang, kecukupan: menerapkan antropologi pada proyek bantuan dan pembangunan di Sikka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...