Minggu, 12 Februari 2017

Integrasi Timor Timur ke dalam Wilayah NKRI 1976-1999

Judul
:
Integrasi Timor Timur ke dalam Wilayah NKRI 1976-1999
Penulis
:
Kolonel Caj Nyoman Arsana (Ketua Tim)
Penerbit
:
Pusat Sejarah Markas Besar Tentara Nasional Indonesia
Tahun Cetak
:
2014
Halaman
:
316
ISBN
:
978-979-9421-25-8
Harga
:
Rp. 85.000
Status
:
Ada

“Setelah Timor Timur resmi menjadi Provinsi Daerah Tingkat I, berbagai penataan dan penyempurnaan segera dilakukan, baik menyangkut struktur, sistem, mekanisme, maupun administrasi pemerintahan, khususnya mengingat latar belakang sejarah daerah itu yang relative sangat berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia. Dalam kaitan ini, kebijakan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan yang dianut dan berlaku di Timor Timur adalah kebijakan dasar mengenai penyelenggaraan pemerintah di daerah yang dikeluarkan pemerintah pusat serta berlaku secara nasional….”

“Dengan bergulirnya reformasi, muncul keinginan Pemerintah Indonesia untuk menyelesaikan masalah Timor Timur secara realistis. Sebagai solusi penyelesaian konflik di Timor Timur, Pemerintah Indonesia mengusulkan untuk memberikan status khusus dengan otonomi luas, yaitu suatu bentuk penyelesaian akhir yang adil, menyeluruh dan dapat diterima secara internasional….”

“Hasil jejak pendapat yang tidak terduga mengakibatkan timbulnya rasa kecewa dari kelompok pro integrasi yang memunculkan kerusuhan yang cukup besar. Situasi yang tidak menentu ini mengakibatkan membesarnya gelombang arus pengungsi masuk wilayah Indonesia, khususnya Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Timor Timur. TNI banyak berperan dalam membantu evakuasi para pengungsi dengan menyediakan sarana dan prasarana angkutan darat, laut dan udara…”  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...