Senin, 20 Februari 2017

Padang Penggembalaan Daerah Tropis

Judul
:
Padang Penggembalaan Daerah Tropis
Penulis
:
Fellyanus Haba Ora
Penerbit
:
Depublish Yogyakarta
Tahun Cetak
:
2015
Halaman
:
272
ISBN
:
978-602-280-929-6
Harga
:
Rp. -
Status
:
Kosong

Padang penggembalaan merupakan suatu areal yang ditumbuhi atau ditanami vegetasi yang digunakan untuk mengembalakan ternak dan sumber pakan bagi ternak. Tetapi penggunaan padang penggembalaan di daerah tropis sering terkendala musim atau iklim. Produksi dan kualitas hijauan berupa rumput dan/maupun legume cukup melimpah ketika musim penghujan namun akan menurun dengan sendirinya di musim kemarau. Dengan demikian berakibat pada penurunan produktivitas ternak gembala itu sendiri.

Ternak gembala di daerah tropis dapat terdiri dari ternak sapi, kerbau, kuda, kambing, domba dan babi. Tetapi pada umumnya yang dianggap sebagai ternak gembala adalah sapi, kambing dan domba. Meskipun beberapa literature menyebutkan ternak babi adalah bagian dari jenis ternak gembala tetapi secara fisiologis dan respon tubuh terhadap padang penggembalaan secara umum persis sama.

Buku yang ada di tangan Anda ini merupakan review dari sistem padang produksi padang penggembalaan yang ditulis secara umum namun detail agar dapat dimanfaatkan sebagai buku ajar atau buku teks bagi mahasiswa Fakultas Peternakan dan Fakultas Kedokteran Hewan agar lebih memahami secara mendalam prinsip-prinsip padang penggembalaan di daerah tropis. Buku ini juga menginformasikan factor-faktor yang berpengaruh terhadap padang penggembalaan dan penentuan kapasitas dan daya dukung padang penggembalaan sehingga mahasiswa mampu untuk memproyeksikan perbandingan antara jumlah ternak yang digembalakan dengan luasan areal penggembalaan sehingga tidak terjadi ketimpangan dalam upaya meningkatkan produktivitas ternak. Demikian juga, beberapa kejadian membuktikan bahwa tingkat kematian pedet sangat tinggi di padang penggembalaan ekstensif sehingga perlu diketahui strategi penanggulangannya. Beberapa hasil penelitian juga merekomendasikan adanya campur tangan manusia dalam mengintensifkan padang penggembalaan agar terbebas dari factor-faktor yang berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas produksi padang penggembalaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...