Sabtu, 11 Februari 2017

Revisitasi Lahan Kering

Judul
:
Revisitasi Lahan Kering, Diskusi Ringan Seputar Lahan Kering dan Pertanian Lahan Kering
Penulis
:
Fred L. Benu & I W. Mudita
Penerbit
:
JP II Publishing House
Tahun Cetak
:
2013
Halaman
:
189
ISBN
:
978-602-99874-2-3
Harga
:
Rp. 70.000
Status
:
Kosong

Pertanian konservasi sebagai pendekatan untuk mengembangkan pertanian yang ramah lingkungan. Menurut FAO (2012), pertanian konservasi merupakan pendekatan untuk mengelola agro-ekosistem untuk mencapai produktivitas yang lebih tinggi, keuntungan usaha tani yang lebih besar dan ketahanan pangan yang lebih baik, sambil pada saat yang sama memelihara dasar sumber daya (resources base) dan lingkungan hidup.

Dasar dari pertanian konservasi adalah ekologi Agro-ekologi merupakan kajian holistic terhadap agro-ekosistem, mencakup seluruh unsure lingkungan fisik, lingkungan ekonomi dan lingkungan sosialnya. Dalam melakukan kajian, focus agro-ekologi adalah pada bentuk, dinamika dan fungsi interaksi yang terjadi serta pada proses yang terjadi dalam interaksi tersebut.

Pengembangan pertanian lahan kering ke depan akan menghadapi tantangan yang semakin rumit. Globalisasi dan perubahan iklim merupakan tantangan yang akan menjadi semakin rumit. Untuk menghadapi tangtangan tersebut perlu melakukan revisitasi dan kemudian dikaji secara ilmiah dari berbagai prespektif pendidikan pertanian yang bertumpu pada paradigm jejaring ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...