Kamis, 23 Februari 2017

Jagung dan Kisah Sang Putri


Judul
:
Cerita Rakyat dari Nusa Tenggara Timur, Jagung dan Kisah Sang Putri dan 6 Cerita Lainnya
Penerbit
:
PSKP UGM, JAPAN Official Development Assistance & CIS Timor
Tahun Cetak
:
2013
Halaman
:
40
ISBN
:
-
Sumber
:
Download
:

Mewujudkan masyarakat yang mengamalkan nilai-nilai damai adalah impian semua orang. Penanaman nilai-nilai damai penting dan perlu dilaksanakan untuk mencapai perwujudan tersebut. Penanaman nilai-nilai damai dapat dilaksanakan melalui berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kelompok masyarakat yang menjadi target kegiatan.

Anak-anak merupakan salah satu aktor penting dalam usaha mewujudkan masyarakat yang damai. Anak-anak tidak hanya hidup di masa sekarang, tetapi mereka juga akan hidup di masa depan dan membimbing generasi selanjutnya, oleh karena itu mereka perlu dibekali dengan nilai-nilai damai sedini mungkin.

Dalam proyek Penguatan Kapasitas Masyarakat untuk Perdamaian di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur yang dilaksanakan oleh Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian Universitas Gadjah Mada dan CIS Timor dengan dukungan dari Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia ini, anak-anak ditempatkan sebagai aktor terpenting dalam usaha mewujudkan masyarakat damai di Nusa Tenggara Timur. Berbagai kegiatan dilaksanakan dengan tujuan agar anak-anak mampu menanamkan nilai-nilai damai dalam diri dan sekaligus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Buku cerita rakyat Nusa Tenggara Timur yang memuat nilai-nilai damai ini dirancang agar mampu membekali anak-anak dengan berbagai contoh nilai damai dan pelaksanaannya dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini tidak hanya bisa dibaca dan digunakan oleh anak-anak, tetapi juga bisa dibaca oleh guru dan mengajarkannya kepada murid, atau juga dibaca oleh orangtua kepada anaknya yang diharapkan akan mampu mendekatkan hubungan kekeluargaan yang nantinya berakhir pada keluarga yang damai.

Akhir kata, perdamaian adalah sesuatu yang bisa diwujudkan. Perdamaian perlu usaha keras, konsisten, dan terusmenerus dari orang-orang yang memercayainya. Mari kita bersama-sama bahu-membahu mewujudkan perdamaian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...