Senin, 20 Februari 2017

Populasi Opini Penyalahgunaan Kekuasaan

Judul
:
Populasi Opini Penyalahgunaan Kekuasaan
Penulis
:
Fellyanus Haba Ora
Penerbit
:
Depublish Yogyakarta
Tahun Cetak
:
2015
Halaman
:
466
ISBN
:
978-602-401-046-1
Harga
:
Rp. -
Status
:
Kosong

Penyalahgunaan Kekuasaan atau biasa disebut Abuse of Power (AoP) diartikan sebagai penyalahgunaan wewenang mengatasnamakan kekuasaan yang dimilikinya baik berdasarkan jabatan, pangkat, golongan dan lain sebagainya. AoP dalam buku ini pada prinsipnya dilakukan oleh aktor negara yang tersebar secara triaspolitika (legislative, eksekutif dan yudikatif). Berbagai macam buku yang menuliskan tentang penyalahguaan kekuasaan negara lebih banyak berdasar pada tokoh-tokoh maupun aktor nasional tetapi jarang sekali menyinggung AoP yang terjadi secara local misalkan di NTT, meskipun secara filosofi gunung es, penyalahgunaan kekuasaan banyak terjadi secara spesifik di daerah-daerah. Hal ini disebabkan karena daerah lemah pengawasan.

Buku dari kompilasi opini penulis yang dipublikasikan pada beberapa media massa ini terbagi dalam 3 (tiga) bagian yaiitu bagian pertama tentang Politik dan Birokrasi. Intisari tulisan seputar polemik-polemik politik yang terjadi di lingkungan legislative dan eksekutif serta fenomena-fenomena kasuistik yang mengiringnya. Bagian kedua buku ini bertema Inkonsistensi Aktor. Intisari penulisan pada subjektivitas aktor menggunakan kekuasaan dan kewenangannya untuk mengeliminasi hak-hak korban maupun secara diskresi melakukan tindakan  yang dianggap bagian dari primodialisme, represif dan arogansi aktor. Bagian ketiga buku ini berintisari Sektor Keamanan  dalam mendorong reformasi kepolisian, reformasi TNI, SATPOL PP, Kejaksaan dan Kehakiman dalam rangka mendorong profesionalisme dan akuntabilitas aktor.

Buku ini sekiranya dapat berguna bagi mereka kaum kritisi, praktisi, penulis bahkan kaum intelektual akademisi sebagai bahan referensi maupun preferensi yang berkaitan dengan bidang dan keahlian yang dimiliki. Untuk itu buku ini penting agar dibaca.

Fellyanus Haba Ora, biasa dipanggil Ian. Lahir di Kamba jawa, Kabupaten Sumba Timur, 18 Februari 1985. Penulis menyelesaikan  pendidikan sarjana di Fakultas Peternakan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang tahun 2008. Kemudian melanjutkan pendidikan Magister pada Prodi Ilmu Peternakan Program Pascasarjana Undana-Kupang, tamat tahun 2014. Memiliki kebiasaan menulis sebagai bentuk apresiasi dan dukungan pada tokoh-tokoh yang dapat dijadikan panutan. Selain itu lebih banyak menulis dari pengalaman-pengalaman pribadi maupun pengamatan terhadap lingkungan sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...