Senin, 17 April 2017

Atlas Tematik Kabupaten Manggarai Barat

Judul
:
Atlas Tematik Kabupaten Manggarai Barat
Penulis
:
Eka Susi S., Nur Fitriana S., M. Rofi, Retno Hastuti
Penerbit
:
Intan Pariwara
Tahun Cetak
:
2013
Halaman
:
84
ISBN
:
979-28-1594-8
Harga
:
Rp. 95.000
Status
:
Kosong

Kabupaten Manggarai Barat, yang akrab disapa dengan singkatan Mabar ini terletak di bagian barat Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kabupaten yang lahir dari pemekaran wilayah administratif Kabupaten Manggarai melalui Undang-Undang Republik lndonesia Nomor 8 Tahun 2003 ini beribu kota di Labuan Bajo.

Keberadaan Taman Nasional Komodo (TNK) di Kabupaten Manggarai Barat menjadi keunikan yang sangat mendunia. Ya, selain satwa komodo yang berada di taman nasional yang telah ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia ini, pantai di kawasan TNK memiliki kehidupan bawah laut yang cantik, baik ragam terumbu karang maupun fauna bawah laut.

Dalam rangka membuka wawasan kedaerahan dan potensi Kabupaten Manggarai Barat, serta sarana pembelajaran akan aspek kewilayahan diperlukan perangkat yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sejalan dengan kebutuhan tersebut, kami menghadirkan Atlas Tematik Kabupaten Manggarai Barat. Beragam keistimewaan kami persembahan dalam Atlas Tematik Kabupaten Manggarai Barat ini sehingga buku ini layak menjadi referensi mengenal Kabupaten Manggarai Barat. Uraian tentang Kabupaten Manggarai Barat disertai peta-peta tematik disajikan dalam buku ini. Sajian tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Peta tiga dimensi (Shuttle Radar Topography Mission atau SRTM) yang memberikan gambaran topografi wilayah Kabupaten Manggarai Barat.
  • Profil Kabupaten Manggarai Barat, mulai dari posisi geografis, sejarah, lambang dan identitas daerah, serta potensi daerah.
  • Wilayah administrasi Kabupaten Manggarai Barat serta uraian kondisi dan potensi sepuluh kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat.
  • Kondisi geografis wilayah Kabupaten Manggarai Barat meliputi persebaran topografi, klimatologi, hidrologi, serta geologi dan jenis tanah.
  • Kondisi seni budaya Kabupaten Manggarai Barat meliputi suku dan bahasa, kesenian tradisional,senjata tradisional, dan rumah adat.
  • Kondisi sosial Kabupaten Manggarai Barat meliputi kependudukan, keagamaan, pendidikan, serta kesehatan.
  • Sumber daya wilayah meliputi sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, pertambangan, perdagangan, industri dan kerajinan, serta transportasi.
  • Potensi wisata berikut uraian mengenai objek wisata yang menarik.
Dengan informasi-informasi di atas, buku ini layak menjadi buku pegangan sekaligus buku penunjang menguasai pengetahuan lokal (Local Knowledge). Pengetahuan lokal tersebut dapat digunakan sebagai bekal penting untuk mengenal dan mengembangkan potensi daerah, khususnya wilayah Kabupaten Manggarai Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...