Selasa, 04 April 2017

Kuasa, Pembangunan dan Pemiskinan Sistemik

Judul
:
Kuasa, Pembangunan dan Pemiskinan Sistemik, Analisa Kontra-Hegemoni dengan Fokus Studi Kasus di Manggarai Raya NTT Indonesia
Penulis
:
Cypri Jehan Paju Dale
Penerbit
:
Sunspirit Books
Tahun Cetak
:
2013
Halaman
:
329
ISBN
:
978-979-18706-5-8
Harga
:
Rp. 115.000
Status
:
Kosong

Buku ini mendiskusikan keterkaitan Kuasa, Pembangunan dan Kemiskinan dari sudut pandang kritis kontra-hegemonik. Dengan basis studi kasus di Manggarai Raya, NTT – Indonesia dan dengan bantuan berbagai trajektori ilmu sosial kritis, seperti yang dikembangkan Marx, Foucault, Teori Pos-Kolonial dan Pemikiran De-Kolonial, buku ini merangsek masuk ke dalam sisi-sisi tersembunyi pembangunan, demokrasi dan proyek-proyek atas nama kemiskinan, untuk kemudian keluar dengan menyingkap bukan saja konstribusi positif, tetapi juga ambivalensi-ambivalensi dan kontradiksi-kontradiksi mereka. Dengan itu buku ini mendiskusikan bagaimana Pembangunan, Demokrasi, dan Proyek-Proyek Kemiskinan sebenarnya merupakan medan sekaligus wujud praktek kuasa hegemonik yang menghasilkan dominasi penguasa ekonomi dan politik global dan lokal, dan menghempaskan mayoritas masyarakat kecil dalam kemiskinan sistemik. Studi-studi kasus buku ini menelusuri proses pembentukan dari relasi asimetris yang hirarkis itu (1) lewat pencaplokan dan eksploitasi sumber daya alam, sumber daya budaya, sumber daya finansial (anggaran publik), (2) lewat praktik wacana, yaitu kepengaturan oleh kuasa disipliner dan kontrol atas seluruh sistem sosial, (3) lewat matriks relasi dominasi yang dilanggengkan oleh rasionalitas modernitas Barat dengan seluruh tata politik, ekonomi dan kultural yang dihasilkannya.

Sebagai alternatif, buku ini mengedepankan ‘Kuasa Kontra-Hegemoni’ dan artikulasi baru “Self-determinasi’, yang dikonkretkan dalam tujuh agenda transformasi sosial yang menjamin kedaulatan politik, kemandirian ekonomi, dan ketangguhan budaya setiap komunitas pada semua level, termasuk pada level bangsa.

Buku ini dapat menjadi salah satu bahan penting bagi diskursus kritis tentang Kuasa, Pembangunan dan Kemiskinan dengan basis teoritis yang utus dan studi lapangan yang mendalam di Indonesia.

1 komentar:

  1. Buku ini sepertinya juga menyindir keadaan jaman sekarang. Kemiskinan itu kadang memang diciptakan oleh penguasa.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...