Rabu, 07 Juni 2017

Manusia, Kebudayaan dan Lingkungan

Judul
:
Manusia, Kebudayaan dan Lingkungan
Penulis
:
Dr. Hans J. Daeng
Penerbit
:
Pustaka Pelajar
Tahun Cetak
:
2012
Halaman
:
341
ISBN
:
979-9289-45-9
Harga
:
Rp. 80.000
Status
:
Kosong

“Tempora Mutantur et nos Mutamur Illis”, waktu berubah dan kita ikut berubah didalamnya. Itulah makna kehidupan dalam berbudaya. Dengan kebudayaan, tampaknya, hidup menjadi lebih bermakna dan manusia menjadi lebih arif, perenungan yang dalam tentang makna hidup mannusia, akan menhajak untuk menjadi bijak mengikuti perubahan waktu.

Hans Daeng, menunjukkan pada persoalan kebudayaan yang menonjol, bahwa perubahan itu sendiri merupakan suatu yang konstan yang justru memperlihatkan suatu proses yang dinamis dalam kehidupan masyarakat. Seperti dikatakan, misalnya, bahwa manusia itu adalah animal historicum yang menyimpan historitasnya sendiri. Penempatan lingkungan misalnya, bagi Hans Daeng adalah petunjuk betapa aspek perubahan menjadi concern utama yang mengharuskan adanya respons manusia dalam berbagai bentuk. Tantangan globalisasi telah dilihat sebagai seting historis penting yang membutuhkan penyesuaian-penyesuaian. Dengan perubahan ini kemudian manusia memaknai hidupnya dengan historisitasnya sendiri.

Pada tataran dalam buku ini penekanannya lebih pada budaya deferensial, di mana pemaknaan itu sesungguhnya sangat bersifat historis yang menyebabkan pembentukan kesadaran dan pengetahuan kebudayaan yang terjadi merupakan serangkaian interaksi antara manusia dengan lingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...