Kamis, 15 Juni 2017

Pengantar Singkat Keragaman dan Periodisasi Pembaruan Puisi Indonesia

Judul
:
Pengantar Singkat Keragaman dan Periodisasi Pembaruan Puisi Indonesia
Penulis
:
Nyoman Tusthi Eddy
Penerbit
:
Nusa Indah
Tahun Cetak
:
1984
Halaman
:
98
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 30.000
Status
:
Ada

Buku kecil ini saya maksudkan untuk memberikan gambaran garis besar keanekaragaman dan tahap-tahap perkembangan puisi Indonesia kepada para siswa SLTA dan umum, yang berminat mengetahui situasi kehidupan puisi Indonesia. Dilihat dari judulnya buku ini bersifat kesejarahan. Namun mengingat pengajaran sastra di SLTA lebih menekankan segi apresiasi, saya berusaha agar buku ini tidak terlepas dari masalah itu.

Di samping banyak mengemukakan contoh, buku ini memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk ikut berpikir dan menikmati karya sastra (puisi) yang utuh. Dengan demikian segi apresiasi dapat dipertahankan dalam jalinan uraian kesejarahan.

Dalam buku ini saya sengaja mengurangi sebanyak mungkin hal-hal yang bersifat problematik. Sebab hal ini dapat mengacaukan pengertian yang mau tak mau harus diserap oleh siswa. Hal-hal yang bersifat problematik saya paparkan sebagai uraian final. Oleh karena itu pada hakikatnya uraian ini masih bersifat sementara. Saya mengharapkan hal ini akan dijumpai kembali pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi sebagai problema. Disinilah tempatnya harus dilakukan penelitian mendalam dan pemecahan yang memadai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...