Rabu, 28 Juni 2017

Agama & Kerukunan

Judul
:
Agama & Kerukunan
Penulis
:
Dr. A. A. Yewangoe
Penerbit
:
PT. BPK Gunung Mulia
Tahun Cetak
:
2009
Halaman
:
274
ISBN
:
978-979-687-005-9
Status
:
Kosong

Agama bersifat ambigu, sebab dapat sekaligus membebaskan dan memperbudak penganutnya. Dalam sejarahnya, agama-agama telah membuktikan hal itu. Dalam konteks pluralism dan kerukunan hidup beragama, sifat membebaskanlah yang mesti dikedepankan. Dengan demikian akan tercipta suasana kondusif di antara para pemeluk berbagai agama dalam melestarikan kehidupan bersama di bumi kita yang satu ini.

Negara kita tidak terlepas dari fenomena ini. Dengan tingkat kemajemukan agama yang sangat tinggi, sudah selayaknya kita mengembangkan sikap hidup keberagaman yang positif dan dialogis. Khususnya untuk mengantisipasi berbagai kerusuhan bernuansa agama yang marak akhir-akhir ini. Kerusuhan-kerusuhan tersebut apabila tidak ditangani dengan arif bisa menimbulkan disintegrasi bangsa dan mengancam persatuan yang telah terjalin baik selama ini.

Buku “Agama dan Kerukunan” ini, menggali berbagai sifat positif agama dan ajaran-ajaran luhurnya dalam berinteraksi dengan sesama pemeluk berbagai agama lain. Dari perspektif Kristen. Tujuan utamanya adalah membina kebaikan dan kerukunan hidup beragama, khususnya bagi bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila.

Buku-buku karangan Dr. A. A. Yewangoe yang telah diterbitkan oleh BPK Gunung Mulia, antara lain: Firman Hidup 24, Firman Hidup 39, Theologia Crucis di Asia, Pendamaian, Iman, Agama dan Masyarakat dalam Negara Pancasila.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...