Senin, 05 Juni 2017

Pengantar Matematika untuk Ekonomi

Judul
:
Pengantar Matematika untuk Ekonomi
Penulis
:
Prof. H. Johannes & Budiono Sri Handoko
Penerbit
:
Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES)
Tahun Cetak
:
1984
Halaman
:
477
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 90.000
Status
:
Ada

Matematika berperan sebagai ilmu pengetahuan pembantu yang ampuh bagi ilmu pengetahuan lainnya terutama bagi ilmu pengetahuan exak, namun akhir-akhir ini juga bagi ilmu pengetahuan sosial, termasuk ilmu ekonomi. Peranan itu kian lama kian meluas dan mendalam.

Dengan bertambah beratnya tugas yang dibebankan kepada matematika sebagai alat, maka alat itu sendiri telah mengalami pembaharuan dan perkembangan menjadi apa yang kini dinamakan matematika baru.

Meluasnya penggunaan matematika juga dalam suatu ilmu sosial jelas terlihat pada ilmu ekonomi atau ekonomika. Sebelum Perang Dunia Kedua, analisa ekonomi terutama dilakukan secara verbal. Chiang menamakannya “ekonomika sastra” dibanding dengan “ekonomika matematis”. Perlu dikemukakan bahwa ekonomika verbal pun tidak luput sama sekali dari pemakaian matematika yaitu dalam bentuk analisa geometri dengan diagram-diagram, namun pemakaian hitung diferensial dan integral, persamaan diferensial dan diferensi, aljabar vector dan matrix pada umumnya tidak ada.

Harus diakui bahwa sejak akhir abad yang lampau memang sudah ada juga ahli-ahli ekonomi yang menggunakan matematika untuk analisa ekonomi, dan ahli-ahli matematika yang menerapkan analisa matematika pada ilmu ekonomi seperti Jevons, Marshall, Walras, namun jumlahnya sangat sedikit. Baru sesudah Perang Dunia Kedua ekonomika matematis mengalami perkembangan yang pesat. Buku-buku ekonomi banyak mengandung analisa matematika dan banyak karangan dalam majalah-malajah ekonomi berorientasikan matematika sehingga sukar dapat dibaca lagi oleh mereka yang hanya terdidik dalam ekonomi verbal.


Prof. Ir. H. Johannes adalah Guru Besar pada Universitas Gajah Mada yang telah berpengalaman mengajar pada berbagai perguruan tinggi sejak tahun 1940. Memperoleh pendidikan pada Technische Hogeschool (sekarang Institut Teknologi Bandung, ITB) dan Sekolah Tinggi Teknik, Yogyakarta (1946). Pernah menjabat Dekan, Rektor dan Menteri serta menulis berbagai karya di bidang Fisika.

2 komentar:

  1. Bagaimana cara membeli buku Prof. Johannes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mengirimkan nama pemesan dan alamat lengkap pemesan SMS/WA ke : 085242134640, Tunggu balasan nilai yang harus ditransfer

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...