Senin, 05 Juni 2017

Perempuan itu Bermata Saga

Judul
:
Perempuan itu Bermata Saga
Penulis
:
Agust Dapa Loka
Penerbit
:
PT. Elex Media Komputindo
Tahun Cetak
:
2011
Halaman
:
199
ISBN
:
978-979-27-9752-7
Harga
:
Rp. 50.000
Status
:
Kosong

Kisah yang inspiratif ini boleh dikatakan merupakan semacam devosi terhadap cinta. Dituturkan secara sederhana namun meyentuh, kisah ini menegaskan kembali betapa kekuatan cinta dapat membangkitkan daya hidup dan menyelamatkan orang dari kematian mental, lebih-lebih bila terjadi tragedy atau situasi kritis yang tak terduga. Kekuatan cinta seperti ini hidup dalam diri perempuan yang ketulusan dan kesetiaan cintanya melampaui dahsyatnya malapetaka. (Joko Pinurbo, Penyair. Peraih Khatulistiwa Literary Award (KLA) melalui buku puisi Kekasihku, 2004)

***

Ini novel tentang orang-orang beriman. Iman yang diperkuat oleh cinta kasih dan cinta kasih diperkuat oleh perbuatan yang bertujuan satu: member kebutuhan maksimal (bare maximum) kepada seorang individu yang membutuhkan.

Seorang guru desa yang kakinya diamputasi mendapat pertolongan dari isteri tercinta, anak-anak, kerabat, masyarakat, dokter, suster dan sebagainya. Jalan ceritanya penuh dengan ketegangan oksimoronik antara rasa sakit dan kemauan untuk menjadi akrab dengan rasa sakit. Dalam ketegangan yang demikian, datanglah pertolongan ilahi dari lingkungan keluarga dan masyarakat yang memiliki nurani religious. (Gerson Poyk, Sastrawan dan peraih hadiah Sastra Asia Tenggara SEA WRITE AWARD 1989, karya-karya sastranya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Jerman, Belanda, Turki dll.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...