Sabtu, 03 Juni 2017

Ekonomi Politik Pembangunan Timor Timur

Judul
:
Ekonomi Politik Pembangunan Timor Timur
Penulis
:
Joao Mariano De Sousa Saldanha
Penerbit
:
Pustaka Sinar Harapan
Tahun Cetak
:
1994
Halaman
:
361
ISBN
:
979-416-263-9
Harga
:
Rp. 100.000
Status
:
Ada

Timor Timur sejak 17 Juli 1976 menjadi propinsi ke 27 Republik Indonesia, karena sebagian besar rakyat daerah itu menghendaki integrasi ke dalam republik tersebut. Sebelumnya, sebagian dari wilayah Pulau Timor itu dijajah Portugal selama 450 tahun.

Menarik sekali membaca buku ini bagi yang belum memahami atau mengetahui tentang propinsi terbaru dengan masyarakat dan budayanya itu. Selintas sejarah masuknya kolonialis Portugal ke daerah itu dan sekitarnya, yang kemudian terjadi saling “tukar-tambah” wilayah dengan uang antara Portugal dengan Belanda yang menjajah Indonesia pada tahun 1851.

Kemudian perjuangan rakyat di sana untuk integrasi dengan Indonesia, disusul perlawanan bersenjata kelompok Fretelin yang menghendaki Timor Timur berdiri sendiri sebagai negara merdeka. Hal terakhir ini menyebabkan beberapa negara belum mengakui integrasi tersebut.

Namun kenyataan membuktikan, rakyat Timor Timur sekarang sudah hidup jauh lebih maju dan sejahtera dibandingkan dengan ketika ditinggalkan oleh Portugal dan belum integrasi dengan Republik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...