Jumat, 02 Februari 2018

Hak Asasi Manusia dalam Masyarakat Komunal

Judul
:
Hak Asasi Manusia dalam Masyarakat Komunal, Kajian atas Konsep HAM dalam Teks-teks Adat Lamaholot dan Relevansinya terhadap HAM dalam UUD 1945
Penulis
:
Marianus Kleden
Penerbit
:
Lamalera
Tahun Cetak
:
2009
Halaman
:
545
ISBN
:
978-979-25-4809-9
Harga
:
Rp. 70.000
Status
:
Ada

Dalam berbagai pengalaman praktik perlindungan HAM telah mendorong penulis buku ini untuk membangun sebuah asumsi bahwa perlindungan dan advokasi terhadap HAM tidak akan efektif bila kita hanya mengadopsi dan mengikorporasikan konsep HAM dari Barat ke dalam konstitusi. Perlindungan dan advokasi HAM hanya bisa efektif bila seluruh produk perundang-undangan merespon cara pikir bangsa Indonesia tentang hak dan kewajiban.

Buku ini merupakan upaya penulis untuk membuktikan gagasan tersebut dengan melakukan penelitian terhadap teks-teks adat masyarakat komunal, di mana teks adat Lamaholot dijadikan sebagai contoh soal. Apabila teks-teks dari pasal 28A hingga 28J disandingkan dengan paham-paham asli masyarakat komunal, maka akan terlihat dengan jelas bahwa konsep hak dalam arti klaim individual atas sebuah barang atau hal yang harus dimiliki secara individual tidak ditemukan dalam teks-teks adat. Apa yang dimengerti sebagai hak dalam konteks nasional dan internasional, dalam konteks komunal justru dimengerti sebagai kewajiban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...