Rabu, 14 Februari 2018

Peta Politik dan Dinamika Pembangunan Timor Timur

Judul
:
Peta Politik dan Dinamika Pembangunan Timor Timur
Penulis
:
P. Gregor Neonbasu SVD
Penerbit
:
Yanense Mitra SEjati
Tahun Cetak
:
1997
Halaman
:
247
ISBN
:
979-95095-0-5
Harga
:
Rp. -
Status
:
Kosong


Integrasi bukan saja merupakan satu momen sejarah, tetapi adalah suatu proses yang berawal dari integrasi politik menuju ke integrasi ekonomi, sosial, kultural dan mental. Tetapi proses lanjut dari integrasi tersebut agaknya belum berjalan secara mantap dan bijaksana. Karena itu diperlukan kebesaran hati yang tulus untuk merefleksi, menelaah dan merekonstruksi sistem dan pola pembangunan yang dijalankan selama ini.

Buku ini mencoba meletakkan diskursus integrasi dalam bingkai akar budaya masyarakat Timor Timur sendiri, meliputi seluruh pranata politik, falsafah, budaya, agama, ekonomi, tradisi dan lain sebagainya. Inilah prasyarat penting untuk mengawali pendekatan berdimensi sosio-budaya dan bermuara pada hati nurani.

Integrasi yang dicita-citakan adalah integrasi yang bermartabat menghormati jati diri, mendengarkan semua aspirasi, menciptakan perdamaian, dan saling menerima tanpa pamrih. Nilai kebangkitan integrasi dapat diterjemahkan sebagai proses reunifikasi yang menyatukan kembali akar kebudayaan masyarakat Timor Timur ke dalam pangkauan Ibu Pertiwi, dan harus ditransformasikan ke dalam kerangka kebangkitan nasional Indonesia yang berwawasan kebangsaan.

Dalam kerangka itu pula, buku ini dapat menjadi referensi bagi semua pihak, agar segala upaya, perhatian dan niat baik untuk membangun manusia Timor Timur seutuhnya di bumi Timor Lorosae itu harus senantiasa bermuara pada cita-cita luhur bersama: “ut omnes unum sint” (supaya semua bersatu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...