Kamis, 08 Februari 2018

Tinjauan Kritis Teori Morfologi dan Sintaksis Bahasa Indonesia

Judul
:
Tinjauan Kritis Teori Morfologi dan Sintaksis Bahasa Indonesia
Penulis
:
Drs. Yan Sehandi Yohanes
Penerbit
:
Nusa Indah
Tahun Cetak
:
1991
Halaman
:
127
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 25.000
Status
:
Ada


Cukup banyak kelemahan teori bahasa Indonesia. Itu terlihat jelas dalam buku-buku Tata Bahasa indonesia yang beredar dalam masyarakat. Kelemahan-kelemahan itu banyak kali menimbulkan ketidakpastian para pengajar dan pelajar bahasa Indonesia dalam mengajar dan mempelajari teori bahasa Indonesia.

Secara khusus buku ini menyoroti kelemahan teori bahasa Indonesia. Mula-mula disodorkan sejumlah pendapat para ahli bahasa, kemudian diajukan tinjauan kritis sekaligus kritik terhadap pendapat-pendapat itu. Selanjutnya disodorkan pendapat yang merupakan kecendrungan pengarang. Terakhir adalah model analisis wacana untuk setiap pokok teori yang telah dibahas.

Apa yang ditawarkan dalam buku ini dapat saja menimbulkan pro kontra di antara para pembaca. Pendapat pengarang memang bukanlah satu-satunya pendapat yang perlu diikuti. Yang penting kiranya adalah: mengapa pengarang melakukan tinjauan kritis, bagaimana tinjauan kritis itu diajukan, dan bagaimana pendapat pengarang sendiri dalam menangani masalah-masalah yang ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...