Jumat, 23 Februari 2018

Keadilan dan Perdamaian di Diosis Dili, Timor Timur

Judul
:
Keadilan dan Perdamaian di Diosis Dili, Timor Timur
Penulis
:
P. Drs. Gregor Neonbasu, SVD
Penerbit
:
Komisi Komunikasi Sosial Diosis Dili Timor Timur
Tahun Cetak
:
1992
Halaman
:
207
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. -
Status
:
Kosong


Menulis tentang usaha menegakkan ‘keadilan dan perdamaian’ di Diosis Dili Timor Timur, hal ini bukanlah suatu pekerjaan yang gampang. Soalnya karena penulis sendiri belum menetap lama di daerah ini.

Meskipun demikian, berdasarkan satu dua pengalaman kecil selama menjadi Pastor Pembantu di Paroki selama 19 bulan: yakni 7 bulan di Paroki Nossa Senhora do Rosario de Oecusse, Ambeno; dan 12 bulan di Paroki Nossa Senhora do Rosario de Fatima Uatolari, Viqueque, penulis memberanikan diri untuk merampungkan sebuah tulisan sederhana dengan judul: KEADILAN DAN PERDAMAIAN, URGENSI KARYA PASTORAL DI DIOSIS DILI TIMOR TIMUR. Tulisan ini sebagai hasil refleksi pribadi, dalam rangka memeriahkan hari jadi Diosis Dili, yang ditutup secara resmi tanggal 4 September 1991 di Kota Dili.

Sasaran tulisan ini, penulis ingin mengatakan bahwa ‘keadilan dan perdamaian’ sesungguhnya merupakan satu bidang karya pastoral yang amat urgen di kawasan Diosis Dili. Pernyataan penulis ini akan didukung oleh sejumlah analisis situasi dan kondisi rill yang sedang tumbuh di atas bumi Timor Timur.

Sebagai catatan kecil, pada mengemukakan secuil pengalaman pastoral selama 19 bulan sebagai pastor pembantu yang ternyata masih amat hijau, penulis akan mengkonfirmasi tulisan ini dengan sejumlah informasi yang diperoleh lewat media-media yang sempat mengurai situasi Timor Timur.

Supaya memudahkan sidang pembaca siapa saja, pada tempat paling pertama akan diberikan sejumlah data geografis dan data-data kependudukan secara garis besar sebagai perkenalan konteks dasar. Kemudian keadilan dan perdamaian di wilayah Diosis Dili, lalu sejumlah perlukisan urgensi pastoral, sekilas spekulasi, menyusul bagaimana sikap Gereja Katolik di Timor Timur. ikutilah uraiannya, kiranya bermanfaat bagi pembaca siapa saja, khususnya dalam rangka pengembangan metode dan pola pewartaan Kerajaan Allah di seluruh kawasan Diosis Dili ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...