Selasa, 08 Mei 2018

Orang-Orang Katolik di Indonesia 1808-1942, Sebuah Profil Sejarah Jilid 2: Pertumbuhan yang Spektakuler dari Minoritas yang Percaya Diri 1903-1942,

Judul
:
Orang-Orang Katolik di Indonesia 1808-1942, Sebuah Profil Sejarah Jilid 2: Pertumbuhan yang Spektakuler dari Minoritas yang Percaya Diri 1903-1942,
Penulis
:
Karel Steenbrink
Penerbit
:
Ledalero
Tahun Cetak
:
2006
Halaman
:
977
ISBN
:
979-9447-97-6
Harga
:
Rp. 185.000
Status
:
Kosong


Karya Prof. Steenbrink ini menjadi salah satu ikhtiar penelusuran dan penjelasan-dari-dalam dengan memanfaatkan dokumen-dokumen yang kebanyakan ditulis oleh orang Barat, dan yang diintepretasikan seturut kaidah ilmu sejarah yang dapat diverifikasikan. Dengan demikian, opus magnum Prof. Steenbrink ini menyumbangkan pengenalan akan jati diri orang-orang Katolik di masa lampau, yang daripadanya siapa pun dijadikan arif bestari jika mau terbuka dan mempelajarinya secara kritis. (Dr. Eddy Kristiyanto, OFM/Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta)

Kekhasan dan kelebihan buku ini dibandingkan dengan buku-buku yang sudah terbit sebelumnya tentang Sejarah Katolik di Indonesia adalah pendekatan yang digunakan, yaitu ‘pendekatan dari bawah’: mengutamakan orang-orang Katolik (sebagai pribadi maupun kelompok) ketimbang Gereja Katolik sebagai institusi hierarkis. Fakta tentang kesalahan orang-orang Katolik bila diukur dengan standar ajaran dan moral Gereja (di samping prestasi, semangat juang, dedikasi, kreativitas), tidak ditutupi-tutupi, dan ini menunjukkan bahwa orang-orang Katolik adalah manusia biasa, yang dengan kelebihan dan kekurangannya telah berupaya memberi yang terbaik bagi bangsa ini. Fakta tentang perbedaan dan bahkan konflik antara Katolik dan Protestan juga tidak disembunyikan, dan disajikan bersama kerjasama di antara keduanya, kendati pada masa itu masih sangat terbatas. Ini merupakan pembelajaran yang sangat berharga bagi proses beroikumene. (Dr. Jan S. Aritonang/Dosen Sejarah Gereja Sekolah Tinggi Teologi Jakarta)

“Dalam bacaan saya, Orang-orang Katolik Indonesia: 1808-1942, karya Karel Steenbrink (bekerjasama dengan Paule Maas) merupakan sebuah buku yang unik dan penting, bukan hanya dari segi pendekatan dan metodelogi, tetapi juga dari segi substansi. Dengan rinci, penulis mengungkapkan dinamika pertumbuhan orang-orang dan masyarakat Katolik Indonesia; tidak hanya melihat dinamika internal orang-orang Katolik Indonesia tetapi juga dalam kaitan dengan persaingan dan rivalitas dengan Protestan dan Islam. Tidak ragu lagi, buku ini merupakan sebuah konstribusi penting dalam kajian sejarah agama Katolik di Indonesia dengan lingkungan keagamaan, sosial-budaya dan politik yang mengitarinya.” (Azyumardi Azra, Guru Besar Sejarah dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta)

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...