Jumat, 04 Mei 2018

Radikal – Saleh Biografi Dorothy Day Pendiri The Catholic Worker

Judul
:
Radikal – Saleh Biografi Dorothy Day Pendiri The Catholic Worker
Penulis
:
Jim Forest
Penerbit
:
Ledalero 
Tahun Cetak
:
2009
Halaman
:
403
ISBN
:
978-979-9447-85-5
Harga
:
Rp. 40.000
Status
:
Ada


Dorothy Day sering menegaskan bahwa ia sendiri dan para rekannya dalam gerakan Catholic Worker melayani Kristus sendiri, bila mereka melayani orang-orang miskin dan terlantar.

Apakah dengan demikian Dorothy Day menjadi ibu Teresa-nya orang Amerika? Ya dan tidak. Ia sungguh dengan sepenuh hati menjalankan karya amal dan membagikan segala sesuatu yang ia miliki kepada orang yang membutuhkan uluran tangannya. Namun pada waktu yang sama Dorothy Day bertanya: “Di mana para santo dan santa yang mencoba mengubah tatanan sosial, tidak hanya membantu para budak tapi berjuang untuk menghapus perbudakan?”

Dalam perhatian rangkap itu terhadap karya amal dan terhadap usaha untuk memperjuangkan keadilan dan tatanan sosial yang tidak lagi menghasilkan orang miskin, Dorothy Day bisa menjadi suatu contoh yang hidup. Dia bisa menjadi suatu pelajaran konkret mengenai cara Gereja dan orang Kristen mesti melibatkan diri dalam perjuangan sosial, dalam kesulitan yang dihadapi banyak orang yang miskin dan tersingkirkan dalam masyarakat.

Dorothy Day radikal dan saleh, ia secara radikal saleh, ia seorang pejuang komunis dalam menghayati kesalehan iman Katholik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...