Selasa, 22 Mei 2018

Prof. Dr. Wilhelmus Zakharias Yohannes

Judul
:
Prof. Dr. Wilhelmus Zakharias Yohannes
Penulis
:
Drs. M. Sunjata Kartadarmadji
Penerbit
:
Pusat Penelitian Sejarah dan Budaya - Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Cetak
:
1980
Halaman
:
106
ISBN
:
-
Harga
:
NFS
Status
:
Kosong


Dalam jenjang sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan, data dan fakta historis  telah memberikan bukti, betapa besarnya pengorbanan yang telah diberikan oleh para patriot bangsa. Pengorbanan itu baik berupa harta benda, jiwa dan keyakinan akan cita-citanya. Kemerdekaan Indonesia yang di proklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, harus ditebus dengan harga yang mahal sekali. Kita telah kehilangan putra-putri terbaik, baik dalam rintisan perjuangan untuk mencapai kemerdekaan maupun dalam rangka menegakkan kemerdekaan. Oleh karena itu sangatlah tepat, jika pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan putra-putri pilihanya sebagai pahlawan nasional. Walaupun masih ribuan jasa pahlawan tak dikenal yang pusaranya tersebar di persada Indonesia. Hal ini bukan berarti kita telah melupakan jasa mereka, sama sekali tidak. Pengorbanan mereka tetap terpatri dalam setiap dada bangsa Indonesia. Penghormatan dan penghargaan untuk mereka yang telah dilakukan setiap malam 17 Agustus dalam ujud renungan suci. Sedangkan bagi mereka yang telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional secara resmi oleh pemerintah, merupakan langkah positip dalam kriteria yang kongkrit berdasarkan pengabdian dan jasa mereka di arena perjuangan bangsa.

Di samping itu penetapan seseorang menjadi pahlawan nasional, juga telaj digariskan dalam peraturan pemerintah, antara lain: Warga nagara Indonesia yang sesama hidupnya terdorong oleh rasa cinta tanah air dan bangsanya, memimpin suatu kegiatan secara teratur dalam menentang penjajahan di bumi Indonesia. Dengan demikian dianggap perlu untuk menjadi tauladan bagi setiap warga Indonesia.

Salah seorang dari mereka yang termasuk ketegori pahlawan nasional ialah almarhum Prof. Dr. W. Z Johannes. Dia termasuk salah satu tokoh pejuang perintis dalam bidang kesehatan dan terkenal sebagai bapak radiologi Indonesia pertama. W. Z. Johannes terkenal juga sebagai salah seorang pejuang kemanusiaan dalam bidang kedokteran, yang sangat konsekwen dalam tugasnya. Di kalangan masyarakat, dia dikenal sebagai dokter filantrop, seorang dokter yang penuh kasih sayang terhadap sesama manusia. Sebagai bukti dapat disaksikan pada batu nisan kubur almarhum di Jati Petamburan terukir kalimat: “Sayangilah seorang akan seorang dengan kasih.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...