Kamis, 24 Mei 2018

Upacara Tradisional Daerah Timor Timur

Judul
:
Upacara Tradisional Daerah Timor Timur
Editor
:
Zulyani Hidayah
Penerbit
:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Cetak
:
1990
Halaman
:
67
ISBN
:
-
Harga
:
RP. 50.000
Status
:
Ada


Masyarakat Timor Timur sejak tanggal 17 Juli 1976 telah menyatukan diri kembali ke dalam wilayah negara kesatuan Republik Indonesia, sehingga sekarang merupakan bagian dari keseluruhan masyarakat Indonesia. Propinsi termuda yang ke 27 di Indonesia ini sedang memacu pembangunan di segala bidang untuk mengejar ketertinggalannya dengan propinsi-propinsi lain. Pembangunan sarana dan prasarana lembaga-lembaga pendidikan, jalur komunikasi, jalan dan jembatan, irigasi dan pertanian dari tahun ke tahun terus ditingkatkan. Untuk tahun mendatang pemerintah daerah mengupayakan agar propinsi Timor Timur terbuka bagi penanaman modal asing maupun dalam negeri serta akan digalakkan industri pariwisata daerah dalam rangka mensukseskan pemasukan devisa negara dari sektor nonmigas. Salah satu dampak semuanya itu akan terjadi proses pergeseran nilai-nilai budaya masyarakat termasuk nilai-nilai yang terkandung dalam upacara tradisional.

Di samping itu, secara nyata hingga sejauh ini kita belum memiliki data-data yang lengkap mengenai upacara-upacara tradisional pada sukubangsa-sukubangsa di Timor Timur. karena itu kegiatan Inventarisasi dan Dokumentasi Upacara Tradisional ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan pengolahan untuk tujuan menanamkan nilai-nilai sosial budaya kepada generasi muda yang sekarang kurang memahami gagasan vital dan makna simbolik yang terkandung didalamnya.

Kegiatan proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah Timor Timur tahun anggaran 1988/1989 ini dibatasi pada upacara tradisional yang berkaitan dengan tahap lintasan hidup perseorangan (individual live cycle = daur hidup) yang meliputi: 1) upacara masa kehamilan, 2) upacara kelahiran dan masa bayi, 3) upacara masa kanak-kanak dan 4) upacara masa dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...