Senin, 15 Juli 2019

Anak Bangsa di Batas Negeri


Judul
:
Anak Bangsa di Batas Negeri
Penulis
:
Tim SGEI DD
Penerbit
:
Dompet Dhuafa
Tahun Cetak
:
2012
Halaman
:
522
ISBN
:
978-602-19578-0-6
Harga
:
Rp.
Status
:
Kosong


Sesuai dengan visi Lembaga Pengembangan Insani yang merupakan jejaring Dompet Dhuafa yaitu menjadi lembaga terbaik dan terdepan dalam mengembangkan masyarakat marginal melalui model pendidikan berkualitas. Hal ini menjadi perhatian dan tugas kita bersama sebagai warga negara. Untuk itulah Lembaga Pengembangan Insani-Dompet Dhuafa turut serta membantu pemerintah membangun negeri ini di bidang pendidikan melalui program pendampingan sekolah.

Tahun 2010, Makmal Pendidikan LPI-DD telah merambah 6 titik di pulau terluar Indonesia. “Sekolah Beranda” adalah nama ekspedisi ini. Keenam wilayah tersebut yaitu, Kabupaten Natuna (Kepulauan Riau), Kabupaten Bengkayang (Kalimantan Barat), Maluku Tengah, Kabupaten Rote Ndao (NTT), Kabupaten Merauke (Papua) dan terakhir yang masih eksis Kabupaten Talaud (Sulawesi Utara). Tujuan ekpedisi ini adalah mendampingi sekolah-sekolah marginal di 6 wilayah tersebut agar menjadi sekolah unggul berkualitas.

Di setiap wilayah, minimal ada satu sekolah yang akan didampingi setelah mendapat persetujuan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (DISDIKPORA) setempat. Makmal akan melakukan proses pendampingan selama satu tahun. Seorang pendamping yang kompeten akan dikirim ke sekolah untuk melakukan pendampingan day to day. Setiap tiga bulan, trainer-trainer nasional akan memperkaya pengetahuan guru dengan pelatihan-pelatihan tematik.

Kiprah seperti ini dirasa kecil di luasnya negara tercinta, Indonesia. Kiprah seperti ini hanya memiliki satu maksud, pelayanan pendidikan yang maksimal untuk mencapai pendidikan berkualitas. Kiprah seperti ini tidak bisa dilakukan sendiri. Jika semua pihak terpanggil, jika terjalin sinergi, maka semakin banyak anak negeri ini dapat mengecap manisnya mutu pendidikan di tanahnya sendiri. Karenanya kami berharap banyak individu ataupun organisasi yang tertarik untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan untuk masyarakat di perbatasan, jangan lupa mereka adalah saudara kita, kalau bukan kita yang membantu siapa lagi?

Dengan program Pendampingan Sekolah ini, semoga dapat membantu meningkatkan kemampuan guru-guru di daerah perbatasan, sehingga dapat menyelenggarakan pendidikan daerah yang bermutu yang nantinya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia daerah tersebut.

Walau Pendampingan Sekolah ini dilakukan selama satu tahun, kami berharap implementasi dari setiap program pendampingan dapat terus dilakukan, untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia. Semoga Indonesia menjadi negara yang dapat melangkah lebih maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...