Senin, 08 Juli 2019

Gramatika Arsitektur Vernakular Suku Atoni di Kampung Adat Tamkesi di Pulau Timor

Judul
:
Gramatika Arsitektur Vernakular Suku Atoni di Kampung Adat Tamkesi di Pulau Timor
Penulis
:
Reginaldo Lake
Prakata
:
Prof. Ir. Antariksa, M. Eng., Ph. D
Penerbit
:
CV. SunRise Yogyakarta
Tahun Cetak
:
2015
Halaman
:
-
ISBN
:
978-602-1062-40-1
Harga
:
Rp.
Status
:
Kosong


Cara pandang dan metode penelitian berbasis fenomenalogi ini dapat dimanfaatkan untuk meneliti dan memahami fenomena kampung-kampung vernakular di Timor yang sangat kaya dengan nuansa budaya lokal.
Studi tentang pendekatan fenomenalogi ini bisa diterapkan untuk kasus-kasus serupa, dan ternyata bahasa ruang dalam dan laur tidak bisa berdiri sendiri, karena masih harus dielaborasikan dengan dua teori yaitu teori Barat dan teori Timur. Oleh karenanya penelitian dengan paradigma fenomenalogi perlu dilanjutkan dengan mengangkat kasus studi kampung-kampung non Atoni di Pulau Timor. Bahkan penelitian sejenis ini dapat dan perlu diperluas dengan mengangkat kasus studi kampung vernakular di berbagai pulau di seluruh Indonesia dalam rangka membangun pengetahuan dan menemukan teori tersembunyi di balik fenomena keruangan pada kampung-kampung vernakular tersebut.
Pemahaman mendalam tentang konsep ruang dalam dan luar arsitektur suku Atoni di Tamkesi dapat digunakan sebagai rujukan untuk merancang arsitektur bagian kota, permukiman baru serta bangunan baru lainnya. Diharapkan proses sintesis antara konsep lokal yang baik dengan teknologi modern dapat terwujud. Dengan demikian pada gilirannya akan terwujud arsitektur yang mengikuti kemajuan jaman sekaligus sesuai dengan konteks budaya dan alam lokalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...