Selasa, 30 Juli 2019

Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Judul
:

Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Penulis
:
Firmina Angela Nai
Penerbit
:
Deepublish
Tahun Cetak
:
2017
Halaman
:
366
ISBN
:
978- 602-401-862-7
Harga
:
Rp. 162.000
Status
:
Kosong


Buku ini merupakan buku ajar bagi mahasiswa fakultas ilmu pendidikan. Buku ini terdiri dari delapan bab, bab pertama akan membahas belajar dna pembelajaran mulai dari pengertian, dan implementasinya. Bab kedua akan membahas teori pembelajaran dimulai dari pengertian dan juga implementasinya. Bab tiga akan membahas karakterisrik tujuan pembelajran dan karakteristik bidang studi. Bab empat akan membahas kendala apa saja dalam pembelajaran dan karakteristik si belajar. bab lima adalah tentang strategi pengorganisasian pembelajaran mikro mulai dari kapabilitasnya belajar, peristiwa ne;ajar, pengorganisasian pembelajaran dna implementasinya. bab enam adalah tentang strategi pengorganisasian pembelajaran makro. Bab tujuh adalah strategi penyampaian dan pengelolaan pembelajaran. Dan bab terakhir akan membahas tentang efektivitas dan daya tarik pembelejaran, tipe bidang studi dan tipe efektivitas pembelajaran serta implementasinya terhdap hasil pembelajaran bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK.
Hakekat Belajar mendorong inspirasi dan inisiatif untuk menciptakan atau mempreskripsikan model, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang baik dan optimal agar belajar terjadi. Aspek-aspek pembelajaran yang menjadi fokus pembelajaran mata kuliah ini pun menunjukkan keterkaitannya dengan mata kuliah lainnya. Sebagai ilustrasi: Aspek Kondisi Pembelajaran, Bab III, antara lain membahas Tujuan Pembelajaran dan Karakteristik Bidang Studi. Aspek ini menjabarkan keterkaitan antara perumusan pembelajaran yang nantinya akan berkonsekuensi pada pemilihan strategi pembelajaran pada aspek berikutnya. Latihan yang diberikan kepada Mahasiswa masih pada tataran informatif untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa paham merumuskan tujuan pembelajaran. Pembahasan belum mengupas tuntas tentang perumusan tujuan pembelajaran sebagaimana dituntut Kurikulum Bidang Studi Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK yang merupakan focal point mata kuliah Desain Pembelajaran.
Aspek Metode pembelajaran baik mikro maupun makro yang dibahas pada Bab V sampai dengan Bab VII juga mengindikasikan hal yang sama. Pembahasan aspek Metode Pembelajaran dalam Bab ini, tidak sampai pada aspek-aspek detil dari Model, Strategi, dan Teknik pembelajaran, melainkan untuk menunjukkan korelasi antara perumusan tujuan penmbelajaran umum dan khusus, karakteristik Bidang Studi, dengan ketepatan pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai untuk mempreskripsikan pembelajaran bidang studi tersebut. Berbagai Model dan Strategi Pembelajaran yang tepat untuk mempreskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK merupakan kapasitas mata kuliah Model-Model Pembelajaran dan Strategi Pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...