Kamis, 15 November 2018

Surga Retak

Judul
:
Surga Retak
Penulis
:
Mezra E. Pellondou
Penerbit
:
Kairos
Tahun Cetak
:
2007
Halaman
:
193
ISBN
:
978-979-1443-01-02
Harga
:
Rp. 40.000
Status
:
Kosong


Tema incest dalam sebuah novel membuat saya tertarik membacanya. Semula saya ingin tahu bagaimana lika-likunya novel Surga Retak. Apakah Mezra bermain dengan imajinasi yang merupakan bagian dari libido atau apakah imajinasi yang menjadi bagian dari akalbudi teoritis (scince). Yang sangat diharapkan adalah kemampuan kreatif pembaca menemukan fiksi heuristic (berkaitan dengan moral sebagai akal budi praktis) dari tema yang diambil dari dunia empiri sehari-hari.
Dengan demikian maka walaupun dalam Surga Retak tampak pula segi inhuman namun tampak pula hal yang membuat kita bias berkata bahwa dalam jiwa manusia peri-peri tak henti-hentinya bertempur. Peri kemanusiaan dan peri kebinatangan.

Mezra bukan saja pengarang yang mesra dengan warna lokal pulaunya Rote, pulau paling selatan dari Indonesia namun juga Timor dan NTT seluruhnya disentuhnya pula. Karena sudah tinggal dan mengunjungi banyak tempat di Indonesia, termasuk Jakarta.

Saya sangat mengenal Mezra sebagai seorang sarjana kutu buku, cerdas dan tegas serta kreatif. Dunia wartawan yang telah membesarkannya ditunjang dengan bakat besar yang ada padanya membuat Mezra teramat mandiri maka sejarah sastra Indonesia akan diperkaya dengan seorang pengarang perempuan dari Indonesia timur.

Selamat ya, Mezra! Surga Retak: sebuah novel yang menarik yang turut hidupkan khasanah sastra Indonesia. (Gerson Poyk: Sastrawan Indonesia, peraih Write Award)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...