Sabtu, 31 Agustus 2019

Soekarno Sebagi Manoesia

Judul
:
Soekarno Sebagi Manoesia
Penulis
:
Im Yang Tjoe
Penyunting
:
Peter A. Rohi
Penerbit
:
Panta Rei
Tahun Cetak
:
2008
Halaman
:
82
ISBN
:
978-98443-9-8
Harga
:
Rp. 75.000
Status
:
Ada


Im Yang Tjoe adalah orang pertama yang menulis biografi Soekarno. Biografi itu, berjudul “Seokarno sebagi Manoesia”, terbit pada 1933, jauh sebelum Indonesia berdiri.
Pada masa itu kekuatan penjajah Belanda tengah ganas-ganasnya membasmi siapapun yang berani menentang kekuasaan imperialis mereka. Di tengah suasana macam itu, Im Yang Tjoe tampil menerbitkan biografi Soekarno, sang penentang penjajahan. Tindakanya itu jelas membutuhkan keberanian yang luar biasa.
Ironisnya, kajian sejarah Indonesia nyaris tidak pernah mengulas nama Im Yang Tjoe. Justru beberapa penulis asing di antaranya Bob Herling, peneliti sejarah dari Belanda, yang memanfaatkan karya Im Yang Tjoe ini sebagai referensi.
Membaca buku karya Im Yang Tjoe ini kita akan mendapatkan informasi yang nyaris lengkap tentang perjalanan hidup sang Proklamator di masa-masa mudanya.
Bagaimana Im Yang Tjoe tahu persis Soekarno dilahirkan di Surabaya dan bukan di Blitar? Dari mana ia mengetahui percakapan mengharukan antara Soekarno dan ibunya mengenai perceraiannya dengan Siti Oetari. Bagaimana ia bisa dengan indahnya memotret perjalanan asmara orangtua Soekarno di Bali. Bagaimana ia bisa menggambarkan kisah Soekarno kecil di Tulungagung dan Soekarno yang sudah membenci penjajahan saat di Bandung? Dari mana ia tahu kesedihan Inggit Ganarsih menyaksikan Soekarno yang menangis mendengar kabar Oetari sakit? Siapa narasumbernya?
Temukan semua jawabannya di buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...