Sabtu, 24 Agustus 2019

Bung Karno, Gereja Katolik SVD & Pancasila - Pentigraf Rindu

Judul
:
Bung Karno, Gereja Katolik SVD & Pancasila - Pentigraf Rindu Akan Sosok Bung Karno
Penulis
:
Alfred B. Jogo Ena
Penerbit
:
Bajawa Press
Tahun Cetak
:
2018
Halaman
:
128
ISBN
:
978-602-7576-88-9
Harga
:
Rp. 65.000
Status
:
Kosong


Penulisan sejarah tak harus rumit. Justru dengan memakai model sastra, lebih-lebih pentigraf, pembaca akan lebih mudah memahami dan menghayati sejarah. Alfred telah memulai sebuah tradisi penulisan sejarah dengan memakai jalan pentigraf (Tengaoe Tjahjono dalam Prolog).
Alfred B. Jogo Ena, jelas telah melukiskan secara “renyah” Warna Perjuangan Bung Karno selama empat tahun di Kota Ende. Secara serial, penulis telah menggelindingkan Pantigraf ini melalui Facebook, yang sudah dinikmati ribuan pembaca. Namun begitu banyak desakan agar Pentigraf ini dibukukan (P. Frits Meko, SVD dalam Epilog).
Buku ini ditulis sebagai upaya untuk mengungkapkan kerinduan akan sosok dan perjuangan Bung Karno selama pembuangan di Ende (1934-1938) dalam kaca mata fiksi historis. Ada banyak sisi dan nilai kemanusiaan yang bisa digali dari seorang Bung Karno, terlebih dalam relasinya dengan Gereja dan para pastor SVD asal Belanda. Relasi personal mereka membawa Bung Karno pada kesadaran bahwa berjuang untuk kemerdekaan itu selalu dalam kebersamaan. Dengan buku ini, diharapkan semakin banyak orang muda yang mengenal sisi-sisi lain dari seorang tokoh besar bangsa ini: Bung Karno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...