Jumat, 27 Januari 2023

Siapa di Balik Tragedi Kupang

Majalah

:

FORUM

Judul

:

Siapa di Balik Tragedi Kupang

No.

:

19 Tahun VII

Tanggal Terbit

:

28 Desember 1998

ISSN

:

0215-8280

Halaman

:

94

Harga

:

Rp. 75.000

Status

:

Ada


Badai tropis wajar terjadi di Nusantara. Bahkan ia menjadi pertamda musim berganti. Namun, badai amuk massa berbau SARA yang melanda di tengah pergantian musim reformasi Republik ini, tak pelak lagi, terasa mencemaskan. Sebab, dalam kurun waktu kurang dari sebulan, serentetan kerusuhan yang terjadi telah mengakibatkan paras Ibu Pertiwi kusut masai.

Badai pertama menghantam Jakarta, 22 November 1998. Awalnya hanya sepele: warga Jalan Ketapang dipukuli preman yang menjaga tempat perjudian C&C. dalam tauran yang menyusul kemudian, sebuah mesjid di Jalan Pembangunan I terkena lemparan batu. Celakanya, kabar yang kemudian bertiup mesjid dibakar. Kemarahan umat Islam pun tersulut. Ribuan orang berdatangan dari berbagai penjuru kota. Kerusuhan pun meletus tanpa bisa dicegah. Akibatnya sedikitnya 10 gereja, dua sekolah, puluhan toko dan mobil dirusak serta dibakar massa.

Senin, 30 November 1998, Kupang porak-poranda akibat huru-hara yang berbau sentimen agama. Perristiwa itu bermula dari acara perkabungan yang berkaitan dengan kerusuhan di Ketapang, Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...