Jumat, 27 Januari 2023

Heboh Kaset Theo Syafei

Majalah

:

GATRA

Judul

:

Heboh Kaset Theo Syafei

No.

:

9 Tahun V

Tanggal Terbit

:

16 Januari 1999

ISSN

:

9770853170601

Halaman

:

98

Harga

:

Rp. 75.000

Status

:

Ada

 

Ceramah Theo Syafei yang mengatakan bahwa  sejumlah ormas Islam berniat membangun negara Islam mendapat reaksi keras. Jalur hukum sedang ditempuh. Namun, kemungkinan perdamaian juga terbuka.

Yang menjadi pangkal persoalan ialah beredarnya kaset rekaman ceramah Theo. Dalam pita rekaman itu tak ada keterangan tempat. Konon, di Anyer, Jaea Barat. Tapi waktunya agak jelas, sekitar awal September lalu. Dalam ceramahnya tersebut. Theo membuat analisis tentang peran umat Islam dalam kancah politik Indonesia. Setelah mencoba mengurai sejarah Indonesia, ia sampai pada kesimpulan bahwa organisasi-organisasi Islam berkehendak mendirikan negara Islam.

Kaset itu juga disebut-sebut memberikan inspirasi kepada sekelompok umat Kristen di Kupang, yang 30 November 1998 silam merusak dan membakar madrasah, mesjid dan asrama haji. Ribuan warga muslim yang selama ini hidup damai harus mengungsi. Lalu Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Nusa Tenggara Timur menemukan kaset rekaman itu telah beredar luas di Kupang sebelum terjadi kerusuhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...