Senin, 07 Agustus 2017

Perang Tersembunyi Sejarah Timor Timur yang Dilupakan

Judul
:
Perang Tersembunyi Sejarah Timor Timur yang Dilupakan
Penulis
:
John G. Taylor
Penerbit
:
Forum Solidaritas untuk Rakyat Timor Timur (Fortilos)
Tahun Cetak
:
1998
Halaman
:
389
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. -
Status
:
Kosong

Perang di Timor Timur, pulau terpencil yang terletak di sebelah utara Australia dan ribuan kilometer di sebelah timur Jakarta tidak banyak diketahui orang. Perang yang tak kunjung tuntas sejak penyerbuan Indonesia bulan Desember 1975. Dunia mendiamkannya, karena selain letaknya yang jauh, juga kepentingan ekonomi dan geopolitik negara-negara besar di kawasan ini: Indonesia berpenduduk terbesar kelima dunia, minyak dan sumber alamnya melimpah, lokasinya sangat strategis. Tak heran bahwa AS, Jepang, dan Australia berupaya mengebaikan perang yang dilupakan ini.

Namun persoalan ini tak akan lenyap begitu saja, berita tentang kekejaman terus saja mencapai  dunia luar. Portugal, bekas penguasa colonial pulau itu, tidak mengakui pencaplokan oleh Indonesia. Rakyat Timor Timur tidak pernah berhenti melawan.

Seperti penyerbuan Iraq terhadap Kuwait, ilegalitas dan kebrutalan tindakan Indonesia menjinakkan rakyat pulau itu memunculkan pertanyaan tentang penegakan resolusi PBB dan penghormatan hak asasi manusia, juga tuntutan rakyat Timor Timur untuk menentukan nasibnya sendiri sebagai bangsa.

John G. Taylor adalah Pengajar Senior Ilmu Sosial dan Direktur Pusat Sinologi pada South Bank Polytechnic , London. Ia juga editor Timor Link di Catholic Institute of International Relations.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...