Rabu, 23 Oktober 2019

Mengenal Nusa Tenggara Timur Cet. II

Judul
:
Mengenal Nusa Tenggara Timur
Editor
:
Jes Therik
Penerbit
:
Pemerintah Daerah Tingkat I Nusa Tenggara Timur
Bahasa
:
Indonesia & Inggris
Tahun Cetak
:
1997
Halaman
:
384
ISBN
:
978-95175-0-8
Harga
:
NFS
Status
:
Kosong


Kita menyonsong abad ke-21 yang membawa perubahan-perubahan besar yang mengakibatkan pembaharuan-pembaharuan yang mendasar atas konsep-konsep besar di hampir semua bidang di dunia ini. Arus perubahan yang kuat ini dengan cepat telah merambah seluruh sudut dunia termasuk desa-desa yang paling terpencil di Nusa Tenggara Timur. Pesatnya perkembangan teknologi telah membuat perubahan-perubahan besar pada pola piker dan sikap masyarakat. Masalah serius muncul dalam komunikasi global, yang mana berakibat bergesernya nilai-nilai sosial. Kita harus siap menghadapi perubahan-perubahan yang bersifat global ini dengan memberdayakan masyarakat untuk bisa mandiri dan mampu bekerja sama menghadapi apapun yang akan terjadi. Dalam kaitan itu Pemerintah daerah Nusa Tenggara Timur meletakan dasar-dasar bari program pengembangan sumber daya manusia untuk mengantisipasi tuntutan, situasi dan kondisi di masa depan.
Pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat NTT membutuhkan dukungan sector agrobisnis berskala kecil, industri kerajinan rakyat atau industri rumah, dan usaha berskala kecil yang  mantap. Bidang usaha kecil ini menempati posisi strategis dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. Agrobisnis dan industry rumah berskala kecil dan menengah harus menjadi tiang penyangga ekonomi daerah NTT. Masyarakat desa diberi peluang mengembangakan kreatifitas untuk mendorong pertumbuhan kesejahteraannya. Karena itu program pembangunan sosial di desa dan di kota dalam kaitannya dengan kebutuhan dasar (basic needs) diarahkan kepada upaya  memampukan masyarakat NTT untuk mencukupi kebutuhan dasar seperti makanan bergizi, pakaian, perumahan, penerangan, energy, transportasi, komunikasi dan informasi.
Bidang usaha yang menggunakan tenaga kerja yang banyak kita dorong dengan meningkatkan ketrampilan sumber daya manusia, untuk menghasilkan jumlah dan mutu produk yang lebih tinggi. Diharapkan upaya ini menghasilkan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan pekerja, keluarganya dan peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah ini. Dengan mengenal daerah ini dengan baik, kita semua tergugah untuk berperan serta meningkatkan kesejahteraan dalam dinamika pertumbuhan daerah Nusa Tenggara Timur. (Herman Musakabe, Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Nusa Tenggara Timur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...