Rabu, 23 Oktober 2019

Mengenal Nusa Tenggara Timur

Judul
:
Mengenal Nusa Tenggara Timur
Editor
:
Jes Therik
Penerbit
:
Pemerintah Daerah Tingkat I Nusa Tenggara Timur
Bahasa
:
Indonesia & Inggris
Tahun Cetak
:
1995
Halaman
:
250
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 150.000
Status
:
Ada


Tahun ini kita merayakan peringatan 50 tahun Indonesia Merdeka, 17 Agustus 1945. Sebagai resonansi rangkaian kegiatan pesta Emas Republik Indonesia, kami terbitkan buku ini sekaligus memperingati ulang tahun ke-37 berdiri propinsi Nusa Tenggara Timur, tanggal 20 Desember 1995. Data daerah, program kerja pemerintah daerah, dan partisipasi masyarakat disajikan dalam buku ini agar pembaca lebih mengenal daerah ini, masalah tantangan, upaya yang dikerjakan, serta dinamika kegiatan masyarakat Nusa Tenggara Timur.
Kita akan memasuki abad ke-21, ditandai derasnya arus globalisasi yang merupakan arena putaran adu keunggulan dalam segala bidang. Kami juga mengkaji kecendrungan proses perubahan dunia dimana ada gerak peralihan masyarakat agraris menjadi masyarakat industry. Pada saat yang sama sekarang ini, keadaan sumber daya manusia di NTT hidup dalam lingkungan budaya agraris, ditandai dengan kurangnya tingkat pendidikan, ketrampilan dan wawasan budaya industrialisasi. Kalau keadaan ini tidak ditangani dengan baik, SDM kami akan kalah dalam kreativitas dan persaingan ketat mutu produk. Karena itu kami laksanakan program pengembangan sumber daya manusia, diserta motivasi pemberdayaan orang NTT menghadapi dinamika perubahan yang cepat ini.
Pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat NTT membutuhkan dukungan sektor agrobisnis berskala kecil, industri kerajinan rakyat atau industri rumah, dan usaha berskala kecil yang  mantap. Bidang usaha kecil ini menempati posisi strategis dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi. Agrobisnis dan industry rumah berskala kecil dan menengah harus menjadi tiang penyangga ekonomi daerah NTT. Masyarakat desa diberi peluang mengembangakan kreatifitas untuk mendorong pertumbuhan kesejahteraannya. Karena itu program pembangunan sosial di desa dan di kota dalam kaitannya dengan kebutuhan dasar (basic needs) diarahkan kepada upaya  memampukan masyarakat NTT untuk mencukupi kebutuhan dasar seperti makanan bergizi, pakaian, perumahan, penerangan, energy, transportasi, komunikasi dan informasi.
Bidang usaha yang menggunakan tenaga kerja yang banyak kita dorong dengan meningkatkan ketrampilan sumber daya manusia, untuk menghasilkan jumlah dan mutu produk yang lebih tinggi. Diharapkan upaya ini menghasilkan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan pekerja, keluarganya dan peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah ini. Dengan mengenal daerah ini dengan baik, kita semua tergugah untuk berperan serta meningkatkan kesejahteraan dalam dinamika pertumbuhan daerah Nusa Tenggara Timur. (Herman Musakabe, Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Nusa Tenggara Timur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...