Kamis, 26 Maret 2020

Requiem untuk Seorang Perempuan

Judul
:
Requiem untuk Seorang Perempuan
Penulis
:
Gerson Poyk
Penerbit
:
PT. Karya Unipress
Tahun Cetak
:
1983
Halaman
:
148
ISBN
:
-
Harga
:
RP. 75.000
Status
:
Kosong


Penyair yang bernama Rein harus lebih tabah lagi menghadapi hidup ini. Tahun-tahun yang berlalu adalah tahun-tahun mencari cinta, tetapi cinta itu bagaikan  pisau bermata satu: derita. Rumah tangganya hancur. Tinggallah satu-satunya sumber cinta dalam dunia ini ialah ibunya, seorang wanita yang sudah sangat tua. Tetapi setelah bersusah payah dating dari Jakarta ke kampong halamannya, ternyata ibunya telah tiada.

Soal maut, sudahlah, tidak usah dibicarakan lagi. Tinggallah harapan baru dalam mencari seorang wanita yang paling sedikit dapat melihat kesunyian dan kerinduan seorang penyair. Dalam perjalanan pulang ke Jakarta, ia bertemu dengan seorang janda yang sedang dalam pusaran duka. Sang penyair pun mengembara dalam pusaran itu. Ia ingin menjadi pahlawan. Tetapi akhirnya kaki sang penyair patah.

Dengan kaki yang terbungkus gips ia tertatih-tatih melarikan diri dari rumah sakit. Ia berhasil menyeberang selat dengan sebuah kapal kecil karatan yang sudah using. Di tengah selat ia mengenang tahun-tahun bersama ibunya berlayar dari pulau ke pulau. Kini yang tersisa dari hidupnya adalah kesadarannya, bahwa ia demam.

Requiem Untuk Seorang Perempuan adalah sebuah novel yang mencari jalan keluar dari hidup yang penuh dengan paradox, dengan semacam doa perkabungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...