Kamis, 26 Maret 2020

Bung Karno Ata Ende

Judul
:
Bung Karno Ata Ende
Penulis
:
Roso Daras & Egy Massadiah
Penerbit
:
PT. Cahaya Kristal Media Utama (Cakrisma)
Tahun Cetak
:
2013
Halaman
:
267
ISBN
:
978-602-14166-3-1
Harga
:
RP. 100.000
Status
:
Kosong


Ende, sebuah daerah yang tahun 1934 disebut sebagai “ujung dunia” oleh Bung Karno, telah ditakdirkan Tuhan sebagai daerah yang berhak atas sebagian sejarah Bapak Bangsanya. Di Ende, Sukarno melakoni sebagian keresahan hidup dan kehidupannya, sebagai interniran.

Hidup dalam pembuangan selama 4-tahun-9bulan-4-hari, barangkali tergolong sebentar dari seorang Sukarno yang dikaruniai usia 69 tahun. Akan tetapi, dalam bentang waktu yang pendek itu, toh Sukarno tetap melahirkan sejarah. Sejarah lahirnya idiologi, sejarah surat-surat Islam, yang kesemuanya digali dari jiwa resah dan rasa gundah sang pejuang.

Sebagai bagian dari upaya melacak jejak-jejak Bapak Bangsa, sampailah penulis pada momen yang sungguh patut disyukuri. Ringkas kalimat, kami (Roso Daras – Egy Massadiah) dipertemukan Tuhan dalam sebuah kerja bareng yang sarat idealism, yaitu pembuatan film “Ketika Bung di Ende”.

Berkat Ridho Tuhan semata, jika pad akhirnya buku “Bung Karno Ata Ende” (Ata: bahasa Flores = Orang) ini berhasil disusun. Sebagai sebuah karya kreatif, buku ini tentu saja menjadi komplimen pelengkap dari film “Ketika Bung di Ende.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...