Jumat, 02 Desember 2016

Perempuan Merdeka

Judul
:
Perempuan Merdeka, Kisah Aktivisme Kaum Perempuan di Timor Leste
Penulis
:
Irena Cristalis & Catherina Scott
Penerbit
:
Progressio
Tahun Cetak
:
2005
Halaman
:
225
ISBN
:
1 85287 317 5
Harga
:
Rp. 65.000
Status
:
Ada

Buku ini mengungkapkan kisah tentang bagaimana kalangan aktivis perempuan Timor Leste menggerakkan perlawanan menentang masyarakat partriarkhis dan menuntut hak-hak mereka untuk berpartisipasi dalam suatu bangsa yang baru merdeka dan demokratis.
Bertolak pada penelitian pribadi dan wawancara luas dengan kalangan aktivis perempuan di Timor Leste, penulis buku ini menggali sejarah dan sumbangsih gerakan perempuan Timor Leste dalam kurun waktu sebelum dan sesudah pendudukan Indonesia. Mereka memperlihatkan perkembangan dan pengaruh gerakan perempuan sebagai Negara yang bergerak menuju kemerdekaan, dan menganalisis tantangan-tantangan utama yang dihadapi kalangan perempuan Timor Leste dalam upaya memperjuangkan hak-hak dan partisipasi politiknya secara lebih besar.
Buku ini memuat bab-bab pembanding sebagaimana disumbangkan oleh para penulis ahli tamu mengenai pelajaran penting berbagai pengalaman perempuan di Kamboja, Mozambik dan Namibia – negeri-negeri yang juga pernah mengalami masa transisi dari periode konflik yang sangat panjang hingga akhirnya merdeka.
Perempuan Merdeka menepis mitos yang beredar bahwa perempuan yang bekerja untuk kemajuan perempuan di Timor Leste adalah agen-agen agenda asing atau barat. Hal ini membuktikan bahwa dalam perjalanan panjang menuju kemerdekaan perempuan Timor Leste adalah perempuan yang memiliki keteguhan hati, menemukan kekuatan untuk menegakkan hak-haknya, dan memainkan perannya dalam membentuk negeri mereka.

“Perempuan Merdeka adalah kesaksian luar biasa tentang karakter unik perempuan Timor Leste dan tentang upaya dan keberanian mereka dalam proses perjuangan panjang menuju kemerdekaan negerinya, dan kini perjuangan untuk kebebasannya sendiri” – Olandina Caeiro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...