Senin, 19 Maret 2018

Kepemimpinan dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Nusa Tenggara Timur


Judul
:
Kepemimpinan dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Nusa Tenggara Timur
Penulis
:
Drs. B. K. Kotten dkk
Penerbit
:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Cetak
:
1990
Halaman
:
130
ISBN
:
-
Harga
:
NFS
Status
:
Kosong


Pada hakekatnya seluruh wilayah pedesaan di Indonesia, dewasa ini telah berada di bawah kontrol administrasi pemerintah Indonesia. Bahkan kelompok-kelompok komoniti kecil setelah mengembara yang biasanya digolongkan sebagai kelompok-kelompok suku bangsa terasing, dengan berbagai cara telah berada dalam kontrol administrasi pemerintah.

Keanekaragaman corak pedesaan di Indonesia terwujud dalam bentuk-bentuk antara lain: (1) Tingkat kebudayaannya, (2) Sistem ekonominya, (3) Corak masyarakatnya, (4) Kesukubangsaannya, serta (5) Prinsip-prinsip yang melandasi sistem-sistem sosial sebagaimana nampak dalam hukum adat dan adat istiadat yang berlaku, yaitu yang berdasarkan pada ikatan kekerabatan, teritorial, atau kombinasi dari keduanya.

Adanya keanekaragaman corak kebudayaan, sistem ekonomi maupun sistem sosial pada masyarakat pedesaan di Indonesia mejadi landasan dari adanya keanekaragaman sistem politik yang berlaku di masing-masing masyarakat desa. Walaupun secara tipologi keanekaragaman sistem politik yang berlaku di masing-masing masyarakat pedesaan tersebut telah menjadi lebih sederhana, karena adanya pengaruh kekuatan politik dari sistem administrasi politik nasional. Akan tetapi keanekaragaman tersebut tetap ada karena: (1) Awal masuknya pengaruh kekuatan politik nasional ke pedesaan Indonesia tidak sama; (2) Orientasi dan kekuatan politik pada sistem kepemimpinan dan pemimpin di desa yang bersangkutan; dan (3) Besarnya pengaruh kebudayaan atas sistem politik setempat juga terhadap sistem kepemimpinan, yang sangat beragam di seluruh pedesaan Indonesia, ikut memberi warna dalam menanggapi masuknya pengaruh kekuatan sistem nasional.

Tujuan khusus adalah membuat satu deskripsi dan analisa mengenai sistem kepemimpinan dalam masyarakat pedesaan di Desa Kalembu Ndaramane dan Desa Lombu dalam wilayah Kecamatan Wewewa Timur kabupaten Sumba Barat yang telah ditetapkan sebagai desa sampel yang mewakili desa-desa yang ada di Pulau Sumba maupun seluruh desa yang terdapat dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Serta mengetahui corak dan dinamika sistem kepemimpinan dalam masyarakat pedesaan di Desa Kalembu Ndaramane dan Desa Lombu sebagai salah satu perwujudan dari sistem politik, ekonomi, sosial budaya yang berlaku dalam masyarakat pedesaan di Pulau Sumba maupun seluruh masyarakat pedesaan yang terdapat dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...