Kamis, 04 April 2019

Isi dan Kelengkapan Rumah Tangga Tradisional Daerah Nusa Tenggara Timur

Judul
:
Isi dan Kelengkapan Rumah Tangga Tradisional Daerah Nusa Tenggara Timur
Penulis
:
-
Penerbit
:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Cetak
:
1986
Halaman
:
253
ISBN
:
-
Harga
:
Rp. 85.000
Status
:
Ada


Dalam rumah tangga tradisional dibutuhkan sejumlah benda yang mutlak harus dimiliki menurut fungsinya. Sejumlah benda tersebut meliputi: makanan dan minuman, pakaian dan perihasan, alat-alat produksi, senjata, alat komunikasi dan transportasi, alat upacara, mobile, alat rekreasi dan sebagainya. Dengan demikian apa yang dimaksudkan dengan isi dan kelengkapan rumah tangga adalah benda sebagai kebutuhan pokok, sedangkan kelengkapan rumah tangga adalah benda yang bukan sebagai kebutuhan pokok atau sebagai pelengkap saja.
Agar dapat dipahami apa tujuan, fungsi, dan kegunaan benda-benda kebutuhan pokok sebagai pelengkap tersebut di atas, perlu diungkapkan mengenai materi penunjangnya seperti lokasi, keadaan penduduk, system mata pencaharian dan teknologi, latar belakang social budayanya. Hal-hal pokok itulah yang akan dijajagi dalam usaha inventarisasi dan dokumentasi penulisan aspek ini.
Adapun lokasi sebagai desa sampel untuk mewakili suku bangsa Lamaholot di Kabupaten Flores Timur, dipilih desa Sinar Hadigala sebagai desa yang letaknya jauh dari kota. Desa tersebut terletak di bagian pedalaman Kecamatan Tanjung Bunga kira-kira 38 km dari Kota Larantuka. Desa yang kedua dipilih desa Lewolere yang terdapat di Kecamatan Larantuka. Desa tersebut terletak 4 km dari Kota Larantuka ibu kota Kabupaten Flores Timur. Desa tersebut ditetapkan sebagai desa pembanding karena letaknya dekat kota terjangkau oleh system jaringan komunikasi antar kota. Kedua desa tersebut mempunyai latar belakang yang sama yaitu sebagai masyarakat desa yang hidup dari bercocok tanam di ladang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...