Rabu, 08 Mei 2024

Via Dolorosa Kunci Kehidupan Manusia (Tamasya ke Dalam Hati dan Budi) Mengenang Prof. Dr. Guido Tisera, SVD

Judul

:

Via Dolorosa Kunci Kehidupan Manusia (Tamasya ke Dalam Hati dan Budi) Mengenang Prof. Dr. Guido Tisera, SVD

Editor

:

Gregor Neonbasu, SVD

Penerbit

:

Ledalero

Tahun Cetak

:

2012

Halaman

:

298

ISBN

:

979-9447-00-3

Harga

:

Rp. 120.000

Status

:

Ada

 

Sang guru – P. Guido Tisera, SVD yang selalu mengagumkan dalam penampilan akademiknya mengingatkan kita akan ungkapan Merleu Ponty, “Sang guru yang mengagumkan itu akan selamanya menafsirkan kenyataan yang selalu baru, ia akan merasa lebih hidup, dinamis dan kreatif dalam berpikir”. Lebih kanjut Merleu Ponty mengatakan, guru yang baik adalah homunculus atau “roh manusia kecil” yang dapat melihat apa yang nyata dan apa yang benar.

“Manusia kecil di dalam manusia” itu hanya roh tindakan-tindakan ekspresif kita yang berhasil dan manusia yang pantas dikagumi bukanlah roh ini, melainkan roh manusia lumrah yang tertanam dalam raganya yang ringkih, dalam bahasa yang begitu sering dipakai bicara, dan dalam sejarah yang terus bergulir – menyatukan segenap kekuatannya dan mulai melihat, mulai memahami dan mulai memberi arti. Tidak ada lagi yang dekoratif atau sekedar pernak-pernik hiasan dalam kemanusiaan saat ini. Tidak lagi mengutamakan jiwa yang diperlawankan dengan raga, pikiran yang dipertentangkan dengan bahasa, nilai-nilai yang di adu dengan fakta-fakta.

Jadi adalah sosok yang memberi arti pada setiap peristiwa, ia menghargai sejarah sebagai pantulan realitas obyektif yang harus ditempatkan pada ranah sosial yang yang tepat. Ia bijaksana dalam memadukan tuntutan jiwa dan raga sehingga tidak ada alasan untuk dipertentangkan. (Frieds Meko, SVD)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...