Minggu, 24 Juni 2018

50 Tahun Ziarah Pangan Nusa Tenggara Timur

Judul
:
50 Tahun Ziarah Pangan Nusa Tenggara Timur
Editor
:
Jonatan Lassa, Dion DB Putra & Tony Kleden
Penerbit
:
PT. Timor Media Grafika
Tahun Cetak
:
2009
Halaman
:
320
ISBN
:
978-979-17097-1-2
Harga
:
-
Status
:
Kosong


Berbicara tentang ‘ketahanan pangan’ tidaklah terlepas dari berbicara pula tentang upaya ‘pertanian’ demi tercapainya, dan berbicara tentang upaya pertanian, mau tak mau harus disinggung pula hal ihwal ‘penyuluhan pertanian’, dalam pengertian yang luas. Karena itu ‘ziarah ketahanan pangan NTT’, hemat saya, tak terpisahkan dari ‘ziarah penyuluhan pertanian’ yang perlu dilakukan sesuai ‘situasi dan kondisi setempat’. (Viator Parera)

Dilema bagi Indonesia adalah bahwa petani tidak banyak menikmati harga dasar pangan yang adil. Sayangnya harga yang adil bagi petani identik dengan naiknya harga pangan. Sedangkan kaum miskin kota, yang semakin meningkat dari tahun ke tahun justru membutuhkan pangan yang murah, demi akses yang lebih baik bagi kaum miskin. (Jonatan Lassa)

Jika pemerintah memiliki impian dan keyakinan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat ‘grass root’, maka mewujudkan ‘good governance’ dengan mengembangkan potensi lokal adalah salah satu jawaban yang elegan. (Leta Rafael Levis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...