Jumat, 22 Juni 2018

Raran Tonu Wujo, Aspek-Aspek Inti Sebuah Budaya Lokal di Flores Timur

Judul
:
Raran Tonu Wujo, Aspek-Aspek Inti Sebuah Budaya Lokal di Flores Timur
Penulis
:
Karl-Heinz Kohl
Penerbit
:
Ledalero
Tahun Cetak
:
2009
Halaman
:
500
ISBN
:
979-978-9447-71-5
Harga
:
-
Status
:
Kosong


Buku yang sedang Anda hadapi ini merupakan satu usaha untuk memaparkan selengkap mungkin kebudayaan satu masyarakat desa di Indonesia Timur. sebab itu buku ini termasuk dalam tradisi monografi etnografis klasik.

Kritik yang dialamatkan ke tradisi ini beberapa waktu terakhir saya tanggapi menggunakan berbagai metode pemaparan dan strategi teks. Penulisan kesan-kesan pribadi, pengalaman-pengalaman dan perasaan-perasaan hendaknya membantu pembaca untuk mengetahui proses terjadinya pengetahuan etnografis. Ke dalam alinea-alinea yang melukiskan dan menganalisis fenomena-fenomena religious dan sosial, mitos dan ritus dan hubungan perkawinan, dimasukkan pula ekskursus teoritis dan ilmiah yang lebih dikhususkan bagi pembaca yang memiliki pengetahuan etnologi.

Tapi benang merah dari karya ini adalah teks-teks dalam bahasa asli, yang dilengkapi dengan observasi dan intepretasi pribadi saya. Metode ini dipilih dengan tujuan agar di samping penulis, para penghuni kampong pun dapat berbicara, yakni mereka yang hidup di sana dan para leluhur mereka. (Karl-Heinz Kohl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...