Kamis, 09 Agustus 2018

Antara Bahtera Nuh dan Kapal Karam Paulus Dialog Antaragama

Judul
:
Antara Bahtera Nuh dan Kapal Karam Paulus Dialog Antaragama
Editor
:
Georg Kirchberger, SVD & John Mansford Prior, SVD
Penerbit
:
Nusa Indah
Tahun Cetak
:
1997
Halaman
:
335
ISBN
:
979-429-126-9
Harga
:
Rp. 70.000
Status
:
Kosong


Kita mengenal beberapa agama besar di dunia yang amat mempengaruhi kehidupan dan kebudayaan manusia, antara lain: agama Budha dengan laku tanpa kekerasan dan bela rasa sebagai inti ajarannya; agama Hindu dengan ajarannya tentang dharma yang didasarkan pada asas harmoni, di mana seluruh tatanan semesta dipandang sebagai manifestasi Yang Kudus, dan keersatuan seluruh makhluk diikrarkan; agama Islam, yang senantiasa menyerukan salaam, “damai sejahtera”; dan agama Kristen, yang melihat dirinya sebagai agama kasih.

Tetapi dunia kita selama bertahun-tahun harus menghadapi kekerasan yang menyakitkan, pelanggaran hak-hak azasi manusia, penyiksaan, pembunuhan, dan peperangan, yang justru terjadi karena sentiment agama. Bagaimanakah kenyataan pahit ini dapat diatasi berdasarkan tuntutan inti ajaran agama-agama besar itu? Kiranya dialog iman antara agama-agama tersebut merupakan kata kuncinya.

Buku ini, bersama jilid II-nya, berisi 36 tulisan, yang dapat memperluas dan memperdalam wawasan serta pengetahuan pembaca untuk melaksanakan dialog iman antaragama, entah dengan pola dialog kehidupan, dialog karya, dialog pengalaman iman, dan dialog teologis, secara berhasil guna. Dan satu hal amat penting dalam dialog iman ini adalah: perbanyakkan pembicaraan dengan Tuhan mengenai penganut agama lain, daripada pembicaraan tentang Tuhan kepada penganut agama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...