Kamis, 23 Agustus 2018

Cerita Rakyat Daerah Nusa Tenggara Timur

Judul
:
Cerita Rakyat Daerah Nusa Tenggara Timur
Penulis
:
-
Penerbit
:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Cetak
:
1983
Halaman
:
127
ISBN
:
-
Harga
:
NFS
Status
:
Kosong


Di kalangan penduduk di pedesaan, ceritera rakyat merupakan salah satu bagian dari unsur kebudayaannya. cerita rakyat mempunyai arti yang tersendiri dan sangat penting dalam kehidupan mereka. Karena ceritera rakyat ini banyak sekali mengandung nilai-nilai yang bersifat sakral, magis, pendidikan dan norma-norma tertentu.
Pada masa lampau ceritera rakyat ini merupakan salah satu alat penyampaian kebudayaan dari generasi ke generasi berikutnya. namun masa kini dengan kemajuan teknologi begitu cepat sehingga nilai-nilai baru dari luar lingkungan kebudayaannya mempengaruhi pertumbuhan nilai-nilai lama yang bersifat tradisional.
Harus pula diakui bahwa tidak semua unsur tradisional itu membawa pengaruh positif dalam pertumbuhan kebudayaan, tetapi banyak juga hal-hal yang menghambat perkembangan masyarakat. Kini ceritra rakyat kurang mendapat tempat yang baik di hati generasi muda. Padahal golongan tua yang menguaai ceritra rakyat sudah sangat berkurang, dan ini jelas terlihat di daerah Nusa Tenggara Timur.
Oleh karena itu, agar jangan timbul penyesalan di kemudian hari maka perlu segera diadakan pencatatan alah satu unsur warisan budaya yang sangat penting ini. Dengan adanya pencatatan ini maka terhindarlah dari kepunahannya di samping dapat dipergunakan sebagai media penampilan nilai-nilai social budaya lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...