Kamis, 23 Agustus 2018

Cerita Rakyat Daerah Nusa Tenggara Timur

Judul
:
Cerita Rakyat Daerah Nusa Tenggara Timur
Penulis
:
-
Penerbit
:
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Cetak
:
1982
Halaman
:
86
ISBN
:
-
Harga
:
NFS
Status
:
Kosong


Di kalangan penduduk di pedesaan, ceritera rakyat merupakan salah satu bagian dari unsur kebudayaan mereka. Di mana cerita rakyat tersebut mempunyai arti penting dalam kehidupan. Ceritera rakyat mengandung nilai-nilai sakral magis, pendidikan dan norma-norma tertentu. Pada masa lampau ceritera juga merupakan salah satu alat penyampaian kebudayaan (pewarisan unsur-unsur budaya). Dengan adanya perkembangan akibat pembangunan, banyak erjadi pemasukan nilai-nilai baru dalam menggeser nilai-nilai lama yang bersifat tradisional. Sering nilai-nilai lama kurang mendapatkan perhatian, padahal nilai-nilai lama merupakan sumber kepribadian.
Dikuatirkan dengan adanya modernisasi unsur-unsur tradisi tergesar sama sekali akan punah. Memang harus diakui ada beberapa hal dalam tradisi yang menghambat perkembangan, tetapi banyak hal juga yang menunjang perkembangan masyarakat.
Namun kenyataannya unsur-unsur lama ini termasuk ceritera rakyat kurang mendapatkan tempat dalam perkembangan kebudayaan bangsa. Banyak nilai-nilai yang positip yang terkandung dalam veritera rakyat tetap terselubung. Bahkan adanya kenyataan tinggal golongan tua-tua saja yang menguasai ceritera rakyat. Kalau hal ini tidak mendapatkan perhatian akan merugikan. Sebab orang-orang tua yang menguasai ceritera rakyat semakin berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...