Selasa, 11 Agustus 2020

Nuat Bkau: Gua Hunian Manusia Prasejarah di Kupang

Judul
:
Nuat Bkau: Gua Hunian Manusia Prasejarah di Kupang
Penulis
:
Jatmiko
Penerbit
:
Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun Cetak
:
2019
Halaman
:
29
ISBN
:
-
Sumber
:
Download
:



Di wilayah Pulau Timor banyak terdapat berbagai tinggalan arkeologis yang sangat melimpah, mulai dari budaya tertua yang berasal dari jutaan tahum silam sampai tradisi-tradisi berlanjut yang masih bertahan sampai sekarang. Salah satu potensi tinggalan arkeologis di wilayah bagian timur Nusantara (Provinsi NTT) ini adalah banyaknya gua-gua alam yang pernah dipakai sebagai ajang hunian pada masa prasejarah, terutama di Pulau Rote dan Flores. Namun di wilayah Kabupaten Kupang masih sangat jarang ditemukan situs-situs gua hunian, tercatat hanya Gua Oelnaek di daerah Camplong. Baru pada tahun 2017 lalu ditemukan gua baru di wilayah Kupang yang mempunyai indikasi sebagai lokasi hunian manusia prasejarah, gua ini bernama Nuat Bkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...