Jumat, 07 Agustus 2020

Swamedikasi 5 Penyakit Terbanyak Dengan Formularium Obat Tradisional Bagi Masyarakat Desa Baumata Timur Kabupaten Kupang

Judul
:
Swamedikasi 5 Penyakit Terbanyak Dengan Formularium Obat Tradisional Bagi Masyarakat Desa Baumata Timur Kabupaten Kupang
Editor
:
Marce Inggtritha Taku Bessi, S.Farm., M.Sc., Apt.
Penerbit
:
Deepublish
Tahun Cetak
:
2019
Halaman
:
58
ISBN
:
978-623-02-0371-8
Harga
:
Rp. 65.000
Status
:
Kosong


Peningkatan derajat kesehatan masyarakat perlu memanfaatkan berbagai upaya pelayanan kesehatan, termasuk kesehatan tradisional yang merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam upaya kesehatan berdasarkan undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Salah satu pendukung pemanfaatan kesehatan tradisional adalah Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia (FROTI).

Pengobatan tradisional masih menjadi pengobatan alternatif dalam masyarakat, masyarakat masih mengakui khasiat obat tradisional. Kemampuan melakukan pengobatan secara mandiri oleh masyarakat telah dilakukan secara turun temurun.

Pengobatan sendiri adalah pemilihan dan penggunaan obat-obatan oleh individu untuk mengobati penyakit atau gejala yang diakui sendiri. Pengobatan sendiri adalah salah satu unsur self care/perawatan diri. Pengobatan sendiri yang bertanggung jawab Ini adalah praktik di mana individu mengobati penyakit dan kondisi mereka dengan obat-obatan yang disetujui dan tersedia tanpa resep, dan yang aman dan efektif bila digunakan sesuai petunjuk.

Dalam buku ini juga dipaparkan mengenai ramuan-ramuan yang bisa digunakan untuk pengobatan sendiri. Diantaranya ramuan batuk, sakit kepala tujuh keliling, sakit kepala sebelah, penurun demam, panu, kudis, eksim, kurap, terkilir, encok/pegel linu, dan sakit pinggang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...