Senin, 27 Februari 2023

Gerson Poyk, NTT, Bali, dan Aku: Sebuah Novel Biografi

Judul

:

Gerson Poyk, NTT, Bali, dan Aku: Sebuah Novel Biografi

Penulis

:

Gerson Poyk & Fanny J. Poyk

Penerbit

:

Kosa Kata Kita

Tahun Cetak

:

2021

Halaman

:

174

ISBN

:

978-623-6425-25-1

Harga

:

Rp. 70.000

Status

:

Ada


Novel biografi ini merupakan gabungan tulisan Bapakku Gerson Poyk dan aku. Ada beberapa kisah di dalamnya, bercampur dengan pergulatan hidup Bapak, aku, Mamaku dan adik-adikku. Keinginan Bapak untuk menjadi seorang penulis yang begitu kuat, membawa beragam cerita yang berpadu dengan penderitaan dan kebahagiaan. Begitulah kehidupan, di dalam istilahku, sejak manusia dilahirkan ia harus selalu memikul salibnya sendiri. Hidup memang tak selalu berada di zona yang nyaman. Manusia harus menghadapinya dengan tegar sekaligus pasrah.

Kisah di novel biografi ini menceritakan pula tentang cinta Bapak pada tanah asalnya pulau Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), ayah dan ibunya.

“Aku selalu terkenang pada tanah kelahiranku Rote, Nusa Tenggara Timur, selalu terkenang akan ayah dan ibuku. Ayahku dengan caranya mengantar aku ke pintu gerbang negeri imajinasi, sedangkan ibuku dengan caranya pula menuntun imajinasiku ke program-program etis bail di dalam tulisan-tulisanku dan perbuatan praktis di dalam masyarakat. Dengan kata lain, ayahku mendorong aku untuk berani mengambil resiko pengembaraan dalam kehidupan dalam jiwaku, selalu menuntut imajinasiku ke tengah kebun untuk menanam padi, jagung, ubi, labu, dan sebagainya. Di kemudian hari ketika aku berenang dalam dunia sastra dan filsafat, aku mengenang motivasi yang diberikan ayahku. Ketika aku menulis tentang conceptual tool untuk operasi kemanusiaan yang berupa kebutuhan maksimum seorang individu yang diambil dari tanah pertanian dan alam, maka ibukulah yang memberi jalan padaku,” kata Bapak. (Fanny J. Poyk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...